Hai Sisters! Membangun branding melalui media sosial adalah salah satu langkah untuk kesuksesan bisnis. Tapi, gimana sih, caranya? Membangun dan memulai bisnis sendiri atau brand orang lain memang nggak mudah, Sisters. Salah satunya kamu harus tahu pangsa pasar sehingga kamu bisa menentukan strategi seperti apa yang bisa dilakukan.
Bicara soal membangun branding, kali ini Sisternet akan bervincang dengan slaah satu Inspiring Sister yang bernama Nindya Khalishta. Perempuan cantik berhijab ini adalah Social Media Care & Community Engagement Lead Grab Indonesia.
Mau tahu seperti apa sharing-nya bareng Sisternet? Yuk, simak obrolannya dibawah ini:
Q: Bagaimana menentukan strategi membangun social media engagement untuk usaha yang tepat untuk target market dari bisnis kita?
A: Sebelum menentukan strategi yang tepat, pastikan kita tahu benar detail target audience yang kita hadapi, bukan hanya dari range usia, gender atau lokasi yang di target saja, tapi kita juga harus mengerti sampai ke tipe audience dengan background seperti apa yang kita targetkan. Selain itu, mengerti audience sampai ke sisi emosionalnya juga penting, kita harus tau, apa yang kita jual bisa membuat audience merasa senang dan merupakan hal yang mereka butuhkan.
Setelah itu kita tentukan channel/media apa saja yang kira-kira potensial digunakan oleh target audience kita, apakah mereka mayoritas pengguna WA, aktif di WA group, main media sosial, ini juga harus diperkirakan mereka aktif di media sosial apa, apakah instagram atau lainnya.
Setelah tahu target audience kita dengan jelas, konten-konten yang di produksi di media sosial juga ada baiknya mengikuti selera audience kita, selalu ikut dengan tren yang up to date, cepat beradaptasi dengan hal yang viral sehingga bisa memberi kita insights untuk konten yang akan kita post lewat channel media sosial usaha tersebut.
Selalu menggunakan menu-menu dan feature yang disediakan oleh setiap channel media sosial. Misalnya untuk di instagram gunakan giphy stickers, menu untuk support small business, menggunakan fitur instagram live, instagram story dan semua fitur yang tersedia dan digunakan dengan konten yang relevan dengan usaha yang dijalani.
Strategi yang dijalankan hendaknya berdasarkan analytics report yang kita dapatkan dari analisis tools masing2 social media agar strategi yang dibuat berdasarkan data yang valid.
Q: Seberapa penting customer engagement untuk meningkatkan penjualan?
A: Sangat penting, karena memaintain customer engagement adalah hal penting untuk mempengaruhi pelanggan agar melakukan pembelian produk kita.
Q: Bagaimana trik mengubah follower menjadi customer?
A: - Manjakan terus followers dengan konten-konten yang akan memberikan manfaat lebih bagi mereka, tapi tetap harus relevan dengan produk yang kita jual
- Adakan giveaway untuk memaintain followers, tidak terlalu sering, untuk pemanis saja, misalnya sebulan sekali
- Update selalu followers dengan hal terkini, promo, produk terbaru agar followers selalu memberikan perhatian dengan postingan kita
- Pemilihan kreatif yang baik juga menjadi hal penting untuk membangun engagement dengan followers, misalnya apakah menggunakan materi foto atau video? Bagaimana treatment desainnya sebaiknya disesuaikan dengan brand yang akan dibawa.
Q: Perlukah kita membangun komunitas atau mengikuti komunitas tertentu untuk meningkatkan usaha?
A: Untuk membangun komunitas perlu dipikirkan matang-matang karena ketika sudah membangun, kita harus siap maintain dan plan kedepannya harus disiapkan
Saran dariku, temen2 bisa masuk dulu ke komunitas yang sudah ada, yang relevan dengan bisnis yang dijalani, tambah networking dan tambah terus relasi, kemudian bangun percakapan dan aktif di dalam komunitas tersebut sehingga bisa mendapatkan insights untuk perkembangan usaha kita.
Q: Pesan untuk para Sisters yang ingin memajukan UMKM milik mereka dengan menggunakan media sosial...
A: Sebelum memulai pastikan plan sudah terbuat dengan baik, tentukan audience yang pas dengan produk yang ingin kita jual, sehingga untuk strateginya juga pas dijalankan.
- Konsistensi itu sangat penting, jangan cepat menyerah dan putus asa.
- Selalu ikuti trend dan update. Follow juga brand-brand lain yang sejenis dan brand yang sudah popular agar bisa mendapatkan inspirasi untuk konten engagement produk kita.
Nah gimana Sisters, seru kan ngobrol bareng Sister Nindya? Selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Inspiring Sister pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !
Foto: Instagram / @nindyakhalistha