Sisters, mungkin kamu sudah familiar dengan istilah Personal Branding, yaitu proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum, Sisters.
Nah, dalam artikel Inspiring Sister kali ini, Zatta Ligouw, seorang pengamat media sosial dan juga lifestyle blogger, membagikan tips mengenai pentingnya personal branding untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan. Salah satu tips yang disampaikan adalah agar pemilik UMKM atau bisnis bisa lebih standout dalam mengembangkan bisnisnya.
Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai habis, ya, Sisters!
Q: Apa itu sebenarnya pengertian Strategi Social Media Branding, dan bagaimana caranya agar usaha kita viral dengan menggunakan strategi ini?
A: Strategi Social Media Branding adalah strategi branding yang menggunakan platform media sosial, di mana semua kegiatan untuk membangun brand kita dilakukan secara serius, terencana, dan terkonsep di media sosial, entah itu Instagram, tiktok, youtube, dan seterusnya.
Agar usaha kita bisa viral dengan menggunakan strategi ini pastinya kita harus memanfaatkan platform media sosial semaksimal mungkin dan dari segala penjuru. Misalnya ingin fokus menggunakan dua platform yaiitu Instagram dan youtube, ya artinya kita harus membuat strategi perencanaan secara rinci tentang apa saja yang akan kita lakukan di media sosial tersebut, lalu buat action plan, lalu realisasikan, dan yang terpenting konsisten. Karena branding adalah tentang repetisi dan konsistensi.
Q: Menurut Sister Zata, apa saja jenis konten visual yang biasa digunakan untuk branding?
A: Ada foto, video, dan grafis, namun yang paling kuat efeknya adalah foto.
Q: Boleh dong dijelaskan dengan lengkap sebenarnya apa sih, Social Media Branding VS Digital Marketing itu?
A: Social Media Branding adalah bagian dari Digital Marketing. Digital marketing atau pemasaran digital pada dasarnya adalah segala usaha kegiatan pemasaran dan aset online kita, dimana strategi yang digunakan adalah SEO, Content Marketing, Social Media Marketing, dan lain-lain. Social Media Branding adalah bagian dari Social Media Marketing di mana untuk meningkatkan pemasaran lewat media sosial kita juga perlu membangun brand lewat media sosial.
Q: Bagaimana strateginya dalam membuat konten yang konsisten dan benar-benar menggambarkan bisnis/personal kita?
A: Harus dirunut dari awal. Personal branding atau business branding seperti apa yang ingin kita bangun? Apa kelebihan kita dibanding kompetitor? Setelah semua itu kita ketahui barulah kita membuat perencanaan konten. Konten yang kita buat harus berdasarkan hal-hal tadi agar nggak random, nggak ke mana-mana dan konsisten sehingga dalam beberapa waktu orang lain bisa melihat kesamaan dan konsistensi kita, sadar nggak sadar mereka akan tahu soal kita atau personal kita.
Q: Menurut Sister Zata apa saja hal yang perlu dihindari dalam membuat postingan jualan dan branding sebuah produk?
A: Hard selling dan overpromised sudah menjadi sesuatu yang kurang disarankan saat ini. Menjual yang terlalu ‘maksa’ dan janji-janji yang terasa berlebihan bisa menjadi boomerang bagi bisnis kita atau personal branding kita. Misalnya membangun personal branding dengan menyebut “Trainer Nomor 1 di Indonesia” dan seterusnya.
Q: Pesan bagi para Sisters yang ingin memulai bisnis sendiri dan masih bingung dalam mempromosikannya…
A: Pesan saya cukup keras. Mulai dari sekarang! Lakukan sambil memantaskan diri, lakukan sambil menyempurnakan diri/usaha kita. Terlalu lama bingung mungkin karena kita belum benar-benar memikirkannya secara mendalam, jadi ayo langsung action aja.
Nah gimana Sisters, seru kan ngobrol bareng Sister Zata? Selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Inspiring Sister pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !
Foto: Instagram / @zataligouw