#Sispreneur: Moms and Baby Shop By.Aiwa
By: Syafa’ah
Hi Sisters!
Hai nama saya Syafa’ah seorang mahasiswi yang menempuh Pendidikan tinggi di salah satu universitas di Kota Surakarta Jawa tengah. Saat ini saya tertarik dengan isu pemberdayaan perempuan. Lalu apa sih pemberdayaan perempuan itu?
Definisi pemberdayaan menurut Bank Dunia (2011) adalah proses meningkatkan kapasitas individu atau kelompok untuk membuat pilihan atau mengubah pilihan tersebut menjadi tindakan atau hasil yang ingin dicapai. Pemberdayaan perempuan adalah upaya kemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, agar perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah, sehingga mampu membangun kemampuan dan konsep diri. Kegiatan pemberdayaan perempuan berarti perempuan memiliki kesempatan untuk memperbaiki atau meningkatkan kondisi di sekitarnya termasuk juga kondisi ekonominya. Kegiatan pemberdayaan dapat menghilangkan ketidaksetaraan dalam membuat pilihan. Menurut Dunning dalam Rogers (2018) pemberdayaan memungkinkan perempuan mengembangkan diri untuk menemukan solusi atas berbagai masalah yang mereka hadapi, dan mampu mengubah kehidupan sendiri, keluarga, dan masyarakatnya.
Bentuk kegiatan atau perwujudan dari pemberdayaan perempuan sangat beragam dan luas. Salah satu yang menarik bagi saya yaitu pemberdayaan perempuan dalam bentuk kewirausahaan sosial. kewirausahaan sosial menggabungkan semangat misi sosial dengan ilmu, inovasi, dan tekad bisnis. Kewirausahaan sosial, menurut Abu-Saifan (2012), memiliki empat faktor yang membedakannya dari bentuk kewirausahaan lainnya, yaitu terdapat dorongan misi untuk memberikan nilai sosial kepada yang membutuhkan, memiliki kombinasi karakteristik kewirausahaan, berorientasi pada budaya inovasi dan bersifat terbuka, serta merupakan organisasi atau usaha yang independen secara finansial yang memiliki rencana pada strategi mendapatkan penghasilan.
By.Aiwa merupakan salah satu bentuk nyata kewirausahaan social berupa moms and baby shop. Laba atau keuntungan dari penjualan By.Aiwa tidak semata-mata hanya untuk laba pribadi melainkan akan disalurkan kegiatan social. Salah satunya yaitu untuk kegiatan kebaikan di asrama Happiness Family di Surakarta. Dengan adanya tujuan atau misi untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan membuat makin semangat dalam menjalankan bisnis ini.
By.Aiwa terbentuk pada tahun 2020 semasa covid-19 melanda. saat merebaknya pandemik covid-19 sendi perekonomian keluarga saya menurun padahal kebutuhan kuliah harus tetap berjalan, saya tidak tega untuk meminta uang dari orang tua saya karena saya tau bagaimana kondisi perekonomian saat itu. hingga akhirnya saya memutuskan untuk berwirausaha. bermula dari keresahan tetangga saya yang kesusahan mencari produk home dress untuk anaknya yang berkualitas dan perlengkapan edukasi lain seperti artsara box dan rak susun buku anak-anak. hingga akhirnya saya menemukan ide untuk memulai bisnis Moms and Baby Shop. Produk By.Aiwa sangat memperhatikan segi kualitasnya untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan khususnya bagi anak-anak.
Seiring berjalannya waktu, bisnis By.Aiwa ini menyediakan berbagai perlengkapan balita (bayi dibawah usia 5 tahun), busui (ibu menyusui) dan bumil (ibu hamil). Mulai dari perlengkapan baby home dress, baju anak maupun bayi, clodi, rak gantung education, rak susun education dengan berbagai tingkat, artsara go desk 1 sisi mauun 2 sisi, artsara box, mukena kids and moms, dan momy home dress yang cocok untuk busui maupun bumil dan food healthy untuk busui.
Menurut saya, bisnis ini mempunyai peluang yang bagus diantaranya :
By.Aiwa mempunyai tujuan sebagai brand Moms and Baby Shop di Indonesia yang dapat membantu menyebarkan kebaikan kebaikan sosial dan harapannya produk produk By.Aiwa bisa dikenal dan pemasarannya dapat menyeluruh ke berbagai kalangan sosial di Indonesia dan harapannya menjadi sebuah ladang penghasilan yang bisa aku lakukan untuk membantu perekonomian keluarga serta membantu biaya sekolah adik saya.
Tujuan saya mengikuti #Sispreneur dari Sisternet ini yaitu saya ingin mengembangkan bisnis saya agar menjadi lebih baik lagi dan scale up skills marketing saya dalam mengelola bisnis ini. saya ingin membuka offline store di rumah, laptop untuk kebutuhan operasional bisnis dan upgrade handphone atau gawai dengan kamera yang mumpuni atau kamera mirrorless untuk mengambil gambar produk.