Sisters, buat kamu para pelaku usaha yang memiliki website bisnis, pastinya mengharapkan website-mu ada di urutan pertama di Google Search, kan? Karena dengan begitu, orang pasti akan dengan mudah menemukan website-mu.
Lalu bagaimana caranya? Sebenarnya ada cara untuk membuat website kamu ada di halaman pertama Google. Caranya adalah dengan menerapkan SEO dan SEM untuk website-mu. Nah, kali ini kita akan chit-chat bareng Sister Agnes Friska Cyntia nih. Beliau adalah Co-Founder dari Visuels.id.
Mau tahu gimana serunya obrolan Sisternet dengannya? Yuk, simak artikel Inspiring Sister berikut ini:
Q: Ceritakan dong, siapa sih sosok Agnes Friska Cyntia itu dan mengapa tertarik berkecimpung dalam dunia digital?
A: Sebenarnya awalnya masuk dunia digital nggak sengaja. Akupun kuliah di jurusan jurnalistik, jadi memang nggak relate seratus persen. Lalu aku mendapatkan kesempatan untuk ikut program pertukaran mahasiswa ke Jerman. Berangkat dari situlah aku membuka mataku, melihat bagaimana teknologi di sana, perkembangan media di sana yang cukup massive. Teknologi yang mereka gunakan sangat bagus dan modern.
Nah, karena itulah aku tertarik mendalami dunia digital. Awalnya memang pas mencari kerja aku inginnya mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing. Walaupun saat itu aku sebenarnya kurang paham apa itu digital marketing. Sampai akhirnya aku berhasil mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing itu di salah satu perusahaan e-commerce. Setelah itu jadinya aku dan partnerku buat agency sendiri, deh.
Q: Boleh dong, dijelaskan apa kegunaan penggunaan SEO dan SEM dalam menjalankan bisnis secara online?
A: Sebenarnya kunci yang paling mendasar adalah, kita mengetahui lebih dahulu siapa audiens atau target market kita, seperti apa karakteristik audiens kita itu. Mereka lebih suka belanja dimana, suka makan dimana, yah, kurang lebih seperti itu. Setelah kita tahu karakteristik audiens kita, kita juga harus tahu kompetitor kita siapa saja.
Nah, kita harus riset si kompetitor kita dahulu, sesimpel kita cari keyword yang berhubungan dengan produk kita di Google, contohnya seperti “Cari baju murah”. Nah, dari situ kita jadi tahu siapa saja kompetitor kita, siapa yang keluar di Google search engine duluan atau lebih banyak. Nah itulah kompetitor kita.
Q: Menurut Sister Agnes, bagaimana menentukan strategi yang pas sebagai jalan meningkatkan atau melakukan ekspansi bisnis bagi bisnis UMKM?
A: Menurutku, kalau sifatnya masih UKM, SEO-nya lebih baik diutamakan di organik saja. Jadi lebih konsisten, baik itu buat konten, di blog, ataupun di website, misalnya update artikel terus jadi kuncinya adalah konsisten.
Lalu di media sosial misalnya di Instagram, rajin-rajinlah update, paling minimal kamu bisa coba 2 hari sekali update Instagram konten-konten dengan hastag-hastag yang relevan. Nah, kalau di medsos sudah, di website sudah, kamu juga bisa menjalaninya di WhatsApp Story. Kamu juga bisa minta tolong teman-teman untuk share juga. Aku rasa itu salah satu usaha yang cukup efektif.
Q: Pesan untuk para Sisters yang memiliki bisnis, kira-kira apa yang harus dilakukan sebagai leveling-up bisnis mereka di zaman digital ini?
A: Semua keberhasilan usaha kita kembali lagi ke karakter kita, personality kita, lalu personal branding kita, juga skill dan networking kita seperti apa. Tak hanya itu, cara kita mengatur emosi dan bisnis kita juga pasti berbeda dengan yang lain.
Intinya adalah, konsistensi atas apa yang sudah kamu mulai dan lakukan. Jangan dengarkan hate speech dari mereka-mereka yang mungkin memang nggak suka kamu sukses. Kita harus bisa spread hal-hal yang positif, dan menjauhi hal-hal yang toxic.
Nah gimana Sisters, seru kan ngobrol bareng Sister Agnes? Selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Inspiring Sister pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !
Foto: Instagram / @agnesfcyntia