Hai Sisters! Membangun bisnis dengan brand lokal itu cukup menjanjikan, lho. Tidak percaya? 93,3% masyarakat Indonesia terbukti lebih percaya dengan kualitas produk lokal. Jauh dibandingkan dengan kepercayaan pada produk asing yang hanya 71,5%.
Menariknya, konsumen ternyata juga suka membeli produk brand lokal yang dipromosikan dengan baik. Sebab, mereka jadi lebih merasa dekat dengan produk tersebut.
Nah, itu artinya promosi bagi sebuah brand lokal penting untuk dilakukan kalau bisnismu ingin lebih cuan. Tapi, bagaimana cara promosi produk brand lokal yang baik?
Pengguna internet di Indonesia mencapai 196 juta pengguna atau 73,7% dari total populasi. Jadi, bisa dikatakan agar sebuah brand ingin terus berkembang, melakukan promosi online itu wajib.
Bayangkan kalau kamu masih menjalankan secara offline, potensi mendapat jutaan pelanggan akan hilang.
Apalagi sekarang, banyak pilihan untuk go online. Ingin mulai dari media sosial dulu? Bisa. Ingin menggeluti marketplace? Boleh. Namun, website tetap pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Jadi, sebaiknya kamu jadikan sebagai channel utama untuk promosi.
Kenapa demikian?
Pertama, 84% konsumen lebih percaya bisnis yang memiliki website. Artinya, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokalmu secara online.
Nah, kalau kamu punya website sendiri, besar kemungkinan Google akan menampilkannya sebagai hasil pencarian untuk kata kunci tertentu bersama dengan sebuah lapak di marketplace.
Sebagai brand lokal, tentu saja kamu harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar upaya marketingmu lebih baik. Apalagi, sebesar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal.
Nah, hal ini bisa disiasati dengan optimasi Local SEO, yaitu cara untuk melakukan optimasi website agar mampu tampil di hasil pencarian di lingkup wilayah tertentu.
Katakanlah kalau bisnismu berada di Yogyakarta, maka setiap pencarian pengguna terdekat di kota tersebut harus mampu menampilkan brand milikmu.
Contohnya, ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “beli baju brand lokal” dan brand kamu harus mampu muncul di antara bisnis lain yang memiliki niche bisnis di bidang fashion.
Salah satu kunci untuk mengoptimalkan Local SEO adalah melakukan riset keyword dan menggunakannya di website kamu. Tujuannya agar kamu tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di Google.
Dengan menguasai local SEO, akan semakin sering orang melihat brand kamu di hasil pencarian sehingga semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian.
Google Bisnisku ini bisa memperkuat Local SEO kamu, lho. Sebab, jika ada yang mencari brand kamu secara khusus, informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama Google seperti contoh di atas.
Selain itu, Google Bisnisku juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnismu hingga 70%! Alasannya cukup jelas bahwa semakin lengkap informasi sebuah bisnis, semakin kecil kemungkinan bisnis itu abal-abal, bukan?
Lalu, bayangkan jika kamu mengkombinasikan strategi website dengan Google Bisnisku. Tak ada lagi keraguan di hati konsumen saat hendak membeli produkmu dan itu artinya cuan akan mengalir deras.
Marketing juga bisa dimanfaatkan brand lokal untuk menyasar target konsumen lebih tepat. Salah satunya, dengan membuat buyer persona.
Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target konsumenmu. Buyer persona didapatkan dari hasil riset yang nantinya berisi data demografis, tingkah laku, kepribadian, dan semacamnya.
Berdasarkan survey, 90% bisnis berhasil meningkatkan pemahamannya pada konsumen dengan buyer persona. Apa dampaknya? Kamu akan tahu persis bukan hanya siap target pasarmu tapi juga apa yang mereka butuhkan.
Pada praktiknya, kamu tidak asal mempromosikan produk ke banyak orang yang belum tentu tertarik dengan produk tersebut. Jadi, lebih menghemat waktu dan biaya.
Mengelola blog sekilas terdengar melelahkan. Tak heran banyak brand lokal yang masih enggan melakukannya. Padahal, ini bisa jadi tips marketing paling jitu untuk dicoba.
Kebanyakan konsumen mengaku mendapatkan value dari blog. Value tersebut bisa berupa informasi bermanfaat seperti tips, panduan, info promo terbaru yang berhubungan erat dengan produkmu.
Apa artinya? Melalui blog, konsumen jadi bisa lebih dekat dengan brand dengan pendekatan content marketing tersebut. Strategi ini cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal untuk jangka panjang.
Kami yakin bisnis kamu pasti sudah memiliki akun media sosial resmi. Namun, apakah kamu sudah mengelolanya dengan baik?
Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumenmu. Bahkan, 71% konsumen tak akan ragu merekomendasikannya ke orang lain sehingga akun kamu akan semakin dikenal dan follower-nya juga bisa bertambah.