Halo sispreneur dan mommypreneur
Masa pandemi merupakan titik balik dalam kehidupan saya. Kegiatan yang lebih banyak dihabiskan dirumah, membuat sebagian besar waktu saya saya gunakan untuk bermain dan belajar bersama anak. Sehingga saya terjun langsung dalam pendidikan anak salah satunya melalui kegiatan bermain bersama anak terutama anak usia batita. Momen tersebut memberikan saya banyak ide permainan dalam kegiatan bermain dan belajar sehari-hari kami. Hal ini lah yang menginspirasi lahirnya GOOD OFFSPRING.
GOOD OFFSPRING memiliki misi dan visi agar dapat menjadi brand yang melahirkan generasi yang sholeh sholehah yang diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari khususnya kegiatan bermain sehingga kami berinovasi menciptakan produk-produk mainan yang berkualitas dan bermanfaat, seperti salah satu produk kami ini yaitu wooden plays yang juga memiliki kartu ayat dengan kartu ayat tentang warna-warna yang terdapat dalam Al Quran.
Kami juga memiliki produk learning kit sebagai bahan ajar untuk anak-anak dirumah. Produk ini menggunakan sistem Learning through play jadi diharapkan anak dapat bermain sekaligus belajar melalui berbagai kegiatan seperti pretend play, board game, dan permainan edukasi lainnya.
Selain profuk diatas GOOD OFFSPRING yang merupakan sister brand FAAURA yang masuk pada lini produk anak, juga memiliki spesialisasi produk fashion dengan berbagai fungsi untuk kegiatan sehari-hari. Selain produk mainan anak GOOD OFFSPRING juga memiliki produk lain yaitu sajadah anak, produk kesehatan masker anak hingga aksesoris seperti pouch dan aksesoris lainnya.
GOOD OFFSPRING lahir pada tahun 2020, awalnya kami melakukan kegiatan dengan membagikan kegiatan belajar kami dan memberikan inspirasi ide-ide permainan rumahan untuk anak. Kemudian pada pertengahan tahun 2020 kami mulai naik kelas untuk masuk ranah bisnis kami memulai mendesain produk , membuat prototype dan menjual produk. Kami memulai penjualan secara offline secara langsung melalui pemasaran mouth-to-mouth. Adapun penjualan secara online melalui e-commerce dan promosi melalui akun instagram dengan melalui halaman instagram.com/goodoffspring.
Namun dalam proses bisnis saya tidak luput dengan berbagai tantangan. Brand saya masih dalam skala rumah yang sebagian besar saya kerjakan sendiri bersama suami dengan source vendor skala kecil. Seringkali saya kewalahan mengerjakan semua hal sendiri, banyak ide dan desain saya yang terjeda hanya sampai tahap prototype karena saya kekurangan modal dan sumber daya lainnya untuk mengembangkan produk saya menjadi produksi berskala besar.
Tujuan saya mengikuti #KMP2023 dari Sisternet ini adalah agar saya dapat scale up bisnis saya menjadi skala yang lebih besar. Saya ingin mengembangkan desain saya menjadi produk skala home industry hingga nasional. Tentunya untuk merealisasikan hal tersebut saya membutuhkan modal untuk membeli bahan skala grosir, saya perlu bekerja sama dengan stakeholder berskala yang lebih besar dan menambah SDM untuk mampu meproduksi produk dengan kuantitas yang besar.
Pada periode penjualan tahun 2023/2024 GOOD OFFSPRING berencanan mengeluarkan 5 sesi produk baru. Berikut merupakan estimasi modal yang saya butuhkan untuk mengembangkan brand GOOD OFFSPRING :
• New Product 25%
@ 1.1950.000 x 5 = 9.750.000
• Production 45%
@ 3.510.000 × 5 = 17.550.000
• Marketing 15% = 5.850.000
• Sales Development 15% = 5.850.000
Total = 39.000.000
Dengan adanya permodalan dari #KMP2023 GOOD OFFSPRING diharapkan dapat berkembang dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk meningkatkan daya saing produk dengan value produk yang aestetik dan solutif. Modal tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk scale up bisnis secara global sehingga saya dapat mengenalkan produk GOOD OFFSPRING ke luar negeri sehingga produk GOOD OFFSPRING dapat menjadi produk kebanggaan Indonesia.
Apabila saya menjadi pemenang dalam #KMP2023 saya berencana mengembangkan brand agar dapat maju dalam berbagai aspek. Pada aspek ekonomi saya ingin meningkatkan omset penjualan dengan scale up business dan go global pada tahun 2023 ini. Pada aspek produk saya ingin meningkatkan kualitas produk saya dan go internasional dengan menjadi salah satu pioner produk mainan islami anak.
Dalam aspek sosial saya memiliki planning untuk memberikan edukasi serta memberikan influence kepada para wanita khususnya kaum ibu untuk memberikan kegiatan Learning through play bersama produk kami. Dengan begitu saya berharap agar brand GOOD OFFSPRING #JadiLebihBaik dan #BeraniNaikKelas sehingga dapat membantu memajukan pendidikan anak Indonesia melalui kegiatan bermain, mempererat bounding antara orang tua dan anak, dan mengharumkan nama Indonesia dengan memberikan produk Inovasi Quranic based play,