Hai, perkenalkan saya Indah, kreator dari jenama ARTuReady by Indahveny.
Saya seorang istri & ibu, sebelum mendirikan usaha ini, saya bekerja di televisi TRANS TV lalu pindah ANTV setelah menikah. Saya senang bekerja di lingkungan yang kreatif dan berhubungan dengan banyak hal juga tantangan beragam. Suatu hari ketika bekerja di ANTV tahun 2018, Pak Erick Thohir yang saat itu menjabat CEO disana, mempunyai ide untuk membuat karyawan lebih semangat dengan kantor/gedung baru, maka kantor baru tersebut perlu dihiasi ilustrasi yang berisi kutipan-kutipan semangat.
Akhirnya beberapa karyawan ditantang untuk membuat ilustrasi, dan ternyata ilustrasi saya termasuk yang terpilih. Dari sini, saya jadi menyadari bahwa seni bisa berdampak, seni bisa menggerakkan karyawan agar lebih positif & semangat.
Kemudian saya bertemu momen lain yang membuat saya makin menyadari kalau seni memang powerful. Saat menjelang bulan Ramadhan, dapat ide untuk membuat sajadah lipat. Saya coba buat 1 sampel sajadah, lalu difoto untuk diunggah di Instagram, disertai caption yang berisi ajakan berbelanja sambil berdonasi, kebetulan bulan puasa bulannya mengumpulkan pahala. Dengan ajakan ini ingin mengingatkan orang untuk lebih semangat ibadah & semangat berbagi, maka seluruh keuntungan dari sajadah untuk disumbangkan. Ternyata ajakan ini mendapatkan tanggapan yang sangat bagus, ratusan sajadah terjual dan donasi yang terkumpul cukup besar. Dari sini, saya melihat bahwa seni bisa menggerakkan.
Momen lainnya didapat ketika saya sudah resign dari dunia TV, di tahun 2019, saat itu saya melihat tantangan #plasticfreeJuly, lalu berpikir apa ya yang bisa dilakukan untuk mengurangi plastik? Dari ilustrasi yang tahun lalu dipakai untuk ilustrasi dinding ANTV tadi, saya minta ijin untuk dipakai menjadi produk foldable shopping bag… lagi-lagi dibuat ajakan belanja sambil berdonasi, sebagian keuntungan disalurkan untuk konservasi alam. Ternyata ajakan ini disambut baik juga, saya niatnya memang bukan sekedar menghasilkan produk, tapi juga menyampaikan pesan bagaimana kita sama-sama menjaga bumi agar menjadi tempat hidup yang lebih baik untuk semuanya, tidak hanya untuk manusia, tapi juga untuk binatang, tumbuhan dan semua yang di darat & laut.
Di akhir tahun 2019, saya ikut lomba design produk lifestyle yang diadakan Dekranasda Jakarta, dan berhasil menjadi juara 1 dengan membawa sajadah lipat & ecobag lipat.
Dari beberapa momen inilah, akhirnya tercetus nama: ARTuReady dari kalimat are you ready? Yang berbentuk ajakan atau tantangan. Kemudian dilengkapi dengan tagline: spreading ART and KINDNESS for a nicer world? Together we can make a difference.
Saya yakin jika ART + KINDNESS = AWESOMENESS. Seni itu indah & makin indah jika bisa berdampak, bisa mengajak orang untuk lebih baik kepada diri sendiri & orang lain, lebih bersyukur kepada Allah yg menciptakan semua keindahan ini…
Sehingga hari-harinya makin cerah & indah untuk semuanya.
Kebetulan akhirnya tas belanja plastik dilarang di awal tahun 2020, menjadi momen ecobag semakin dibutuhkan & berkembang. Saya senang kalau banyak yang ikut bergerak, semoga bisa memberi efek lebih besar. Di tahun 2021 mendapat banyak tangan-tangan baru yang mau bergandengan bergerak bersama, seperti :
-Bank Indonesia memesan ecobag dengan ilustrasi untuk membangkitkan semangat wanita dalam acara Festival Kartini. Kerjasama dengan BI masih berlanjut, belakangan ini beberapa ilustrasi dipesan untuk rangkaian acara G20.
-Shell Indonesia, membuat ecoba dengan ilustrasi desa bersemi dengan sirkular ekonominya. Ternyata Shell punya desa binaan yang mengangkat kehidupan warganya dengan menjalankan ekonomi sirkular. Botol-botol plastik di desa binaan Shell bisa diolah jadi bahan bakar untuk kapal nelayan ataupun bentor yang dipakai mengangkut sampah jarak dekat itu. No waste is wasted.
Selanjutnya, makin beragam tantangan sehingga variasi produk Artuready semakin bertambah. Dalam membuat setiap produk, ada 3 hal yang dijadikan syarat:
“simple, impactful & artsy”
-simple: barang/ produk yang memang berguna dan dibutuhkan
-impactfulnya: berdampak, seperti tote ada tempat botol, agar bisa bantu mengurangi sampah plastik
-artsy: karena seni bisa membuat orang tertarik, begitu sudah tertarik akan lebih mudah menyampaikan pesan dari ilustrasi produk. Saya menyebutnya… illustration with a message of hope. So every product delivered to you is a work of art.
Memulai dan menjalankan usaha di masa pandemi, membuat saya mempunyai lebih banyak waktu untuk membersamai anak di rumah dan belajar online. Keuntungan lain lebih bisa mengatur waktu untuk belajar hal baru seperti marketing, sales, dan lainnya. Artuready selama 2 tahun berjualan secara online saja (terutama instagram: @artuready_ dan @indahveni), baru akhirnya tahun 2022 awal menjadi kesempatan pertama berjualan offline dengan mendapat kesempatan di Inacraft dibawah bimbingan jakpreneur. Ternya menyenangkan pengalaman bertemu pembeli langsung, bisa lebih jelas mendapat masukan & apresiasi. Apresiasi terhadap produk Artuready alhamdulillah cukup fantastis, termasuk yang mendapat omzet tertinggi dari 17 jakpreneur lainnya. Setelah inacraft, tawaran bazar mulai datang, baik yang mewakili Dekranasda, Dinas PPKUKM ataupun Disparekraf, seperti Bazar Semasa yang baru lewat di bulan Ramadhan lalu.
Saya berharap dengan mengikuti #Sispreneur dari Sisternet ini bisa mengembangkan usaha lebih besar dan lebih berdampak sehingga bisa bermanfaat luas.
Saat ini saya masih belum punya karyawan, baru bisa memberdayakan 1 orang penjahit di sekitar rumah untuk memasang karet sajadah. Selain itu semua produk masih mengandalkan vendor, saya membuat ilustrasi design, membuat pola lalu kemudian diserahkan ke vendor. Keuntungan dengan vendor, berapapun order yang masuk bisa diterima, karena sistem kerja vendor sudah jelas sehingga bisa memenuhi waktu & kualitas terjaga. Namun kelemahannya harga belum bisa lebih efisien.
Ke depan saya ingin #levelingup #JadiLebihBaik dan lebih bisa #BeraniNaikKelas dengan:
- memberdayakan lebih banyak orang,
- punya karyawan,
- punya toko offline,
- punya yayasan yang mengelola donasi & kegiatan sosial lainnya sehingga aspek ‘impactful’ tadi bisa lebih nyata
- lebih banyak bazar lokal maupun internasional agar bisa lebih menyampaikan pesan melalui produk, agar makin banyak yang bergerak bersama
- lebih banyak kolaborasi dengan pihak nasional maupun global yang punya mimpi sama menjadikan bumi lebih baik untuk semuanya.
So.. ARTuReady spreading ART & KINDNESS for a nicer world? Together we can make a difference. ???