Halo sis, semoga sehat selalu ya. Perkenalkan, namaku Avianing Kemala Ulfa. Aku adalah perempuan berusia 31 tahun, seorang istri, dan ibu dua anak yang punya ketertarikan pada bidang makanan sehat. Biasanya kalo udah bahas makanan sehat yang kebayang pasti rasanya yang gak enak, jarang disukai anak-anak, dan ada juga beberapa orang masih merasa sulit mendapatkan akses makanan sehat. Pernah dengar istilah vegan dan vegetarian? Eitss, dua hal itu berbeda lho sister. Pengertian mudahnya, vegetarian itu pola makan yang memilih untuk tidak memakan daging hewan. Jadi vegetarian hanya memakan sayuran, telur, dan susu. Sedangkan vegan itu hanya plant-based, jadi hanya makan sayuran tanpa susu maupun telur karena vegan hanya makan nabati. Pola makan vegetarian maupun vegan ini bagus untuk pola makan sehat karena melihat kebutuhan gizi seimbang.
Belajar dari serangan pandemi yang datang tiba-tiba dan membuat banyak “New Normal” aku jadi dapat ide untuk menormalisasikan pola makan sehat. Awalnya karena ingin menyediakan makanan yang sehat untuk keluargaku. Kemudian, aku mulai terpikir untuk membangun usaha makanan vegetarian dan vegan supaya keluarga yang lainnya juga bisa menikmati pola makan sehat. Kebetulan, latar belakang pendidikanku memang sejalan dengan kesehatan dan gizi makanan. Jadi ada sedikit bekal ilmu tentang pola makan sehat ini. Ditambah lagi suamiku memang berkecimpung di dunia kuliner.
Sejak dua tahun lalu, Tepatnya bulan januari 2020 aku mulai membangun bisnis makanan sehat ini. Hasil makanan sehat yang sudah dibuat Kemudian kucoba jual melalui media sosial, salah satunya di Instagram (@vaygetarian.id). Selama perkembangannya, tanggapan konsumen banyak yang merasa puas dan repeat order. Pelanggan vaygetarian.id juga bukan hanya perorangan, mulai merambah hotel. Namun, omzet bulanan kami masih fluktuatif. Belakangan ini bahkan penjualan vaygetarian cenderung menurun karena sudah mulai bisa dine in di restoran.
Aku ingin sekali mengembangkan bisnis ini dengan ilmu yang lebih mumpuni, khususnya dalam hal digital marketing karena jujur saja aku masih belum begitu paham mengenai strategi pemasaran digital ini. Usaha bidang ini masih relatif sedikit, jadi menurut saya bisnis ini potensial sekali untuk dikembangkan agar bisa meraih pasar yang lebih luas lagi.
Rencana ke depannya, saya dan suami ingin membuka outlet untuk menjual berbagai makanan kami, baik yang bentuknya frozen food maupun yang sudah disajikan untuk makan di tempat seperti rice bowl. Makanya, aku senang sekali saat tahu ada program W20 ini, apalagi jika aku bisa menang dan mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha ini.