Awalnya Fiona Aryani menggeluti usaha Craft yang memproduksi tas dan pouch. Ia menggunakan kain nusantara sebagai bahan baku produknya.
Tahun 2017, Teknik eco-print dipelajari, yaitu teknik memotif dengan menggunakan bahan bahan alam, seperti dedaunan, bebungaan dan rerantingan. Pewarna yang digunakan untuk mewarnai kain pun berasal dari alam
Mendukung gerakan sustainable business (bisnis yang berkelanjutan) dengan lebih memperhatikan pemakaian bahan yang dipakai, yaitu bahan yang ramah lingkungan maka Fiona memutuskan untuk serius membangun usaha yang berbahan dasar kain ecoprint dan bahan-bahan alam. Maka terbentuklah KANANTRA DANANTRA (Kreasi Kain Dedaun Nusantara) yang mengambil segmen kelas atas.
Produk utamanya adalah pashmina Ecoprint, hijab dan kain Ecoprint. Berbagai produk turunan ecoprint pun tercipta, mulai dari fashion wanita, pria, anak, hingga home decoration. Dengan memberdayakan warga sekitar dan juga berkolaborasi dengan brand brand lokal, kami berusaha agar kami tidak hanya mencipta produk, namun juga dapat lebih bermanfaat buat sekitar.
Dari Alam dan Kembali ke Alam
Kanantra Danantra berkomitmen untuk terus menggunakan media berserat alam dan pewarna berbahan alam, bukan pewarna sintetis yang jika dipakai berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Usaha ini berjalan dengan konsep 3P yaitu People, Profit , dan Planet.
PEOPLE (sosial), di mana Kanantra bekerja sama dengan para artisan ecoprint dan warga sekitar. Sebagai perusahaan, Kanantra tidak hanya berorientasi pada profit, namun juga memperhatikan para mitra dan team internal yang merupakan aset bagi perusahaan. Kanantra memberikan upah yang layak bagi seluruh team yang ada, apalagi karena produk yang dihasilkan ini adalah buatan tangan, unik, dan sangat personal, maka seluruh team yang ada mulai dari ecoprinter, team jahit, team admin, maupun sales mendapatkan upah kerja yang sesuai dengan kontribusinya. Kanantra juga mendorong teamnya untuk terlibat dalam berbagai pelatihan yang ada, misalnya pelatihan membuat pola, pelatihan menjahit, pelatihan fotografi, pelatihan media sosial, market place, juga mengajak team untuk mengikuti kelas kelas motivasi usaha, sehingga dengan demikian soft skill team terus terjaga dan terasah.
PLANET (lingkungan). Kanantra Danantra mengambil bahan baku yang tersedia di alam, yang ada di lingkungan sekitar, maka sudah layak dan sepantasnya Kanantra juga wajib menjaga lingkungan. Kami melakukan penanaman tanaman di lingkungan sekitar kami, serta saat ini berkolaborasi dengan LINDUNGI HUTAN untuk melakukan penghijauan di Indonesia, kampanye yang saat ini sedang berjalan adalah penanaman mangrove di Desa Bedono, Demak. Kanantra mendonasikan hasil penjualan produk kami untuk program ini, maka dengan demikian konsumen juga turut ikut andil menanam, karena dengan membeli produk Kanantra , konsumen juga turut menyumbang pohon untuk ditanam di Bedono.
Selain itu Kanantra Danantra sangat memperhatikan packaging atau kemasan produknya. Kanantra menghindari pemakaian plastik baru dan memilih kemasan ramah lingkungan, seperti paper bag dan kotak gedebog pisang.
Daun daun bekas ecoprint dikumpulkan dan dimanfaatkan sebagai kompos.
Dalam mencipta produk, Kanantra juga berusaha agar tidak ada kain yang terbuang, misalnya dengan mencipta model baju zero waste, atau memanfaatkan perca.
PROFIT (Ekonomi). Kanantra Danantra percaya, dengan berkomitmen untuk terus peduli pada aspek People dan Planet di atas, maka profit akan terus terjadi dan usaha ini dapat menjadi ladang berkah bagi semua yang terlibat di dalamnya, dan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan di sekitarnya.
Pencapaian KANANTRA DANANTRA
2019 - Produk Kanantra dibawa ke Indonesian-Moscow Expo dan mendapat perhatian di sana
2020 - Lolos kurasi Karya Kreatif Banten
2021 - 25 terbaik UMKM BRINCUBATOR
2021 - Mendapatkan binaan dari PPEI Banten untuk program ekspor
2021 - lolos kurasi dan mengikuti program AKU SIAP EKSPOR , kolaborasi 3 Kementrian (Perdagangan, Pariwisata, dan Kemekopukm), BEDO, dan HIMKI
2021 - Pemenang ketiga Kategori Fashion, Kec Serpong Tangsel
2021 - BRILIANPRENEUR dan menjadi tamu undangan untuk hadir dalam pembuakaan acara ini.
2022 - Adiwastra , JCC 2022 , Kanantra mendapat kesempatan bertemu dengan Bapak Menteri Sandiaga Uno
2022 - INACRAFT 2022 dan dikunjungi oleh Bapak Presiden Jokowi
2022 - Pameran Pengadaan barang dan jasa di SMESCO dan bertemu dengan Bapak Teten Masduki
Saat ini Kanantra Danantra dapat ditemui di Alun Alun Grand Indonesia, lantai 3 dan di Instagram : @kanantra.danantra.
Company Profile Kanantra Danantra dapat dilihat pada link berikut : bit.ly/kanantra
Harapan dan Cita Cita KANANTRA DANANTRA
Kanantra sangat ingin terus dapat bermanfaat bagi banyak orang, terus berpegang pada 3P di atas. Dan dengan orientasi ekspor, Kanantra ingin dapat meramaikan pasar ekspor dengan produk ecoprint yang bermotif daun daun nusantara. Kanantra sudah pernah mengirim produknya ke Amerika, Australia, dan Inggris.
Saat ini Kanantra sedang menjajaki program kolaborasi bersama ABK UMKM. Kanantra ingin dapat membantu anak-anak berkemampuan khusus dan keluarganya agar mereka dapat menjadi manusia mandiri di kemudian hari, yang memiliki pekerjaan yang layak dan berguna bagi masyarakat.
Berikut adalah paparan budget yang dibutuhkan untuk program ini sekitar 10-15 juta untuk modal awal untuk membeli kompor , panci, kukusan besar, berbagai ember dan wadah plastik. Serta untuk bahan-bahannya adalah kain dan pewarna alam.
Dengan dukungan dari Sisternet, Kanantra percaya, dapat lebih meningkatkan usahanya dan berbagi untuk sekitar.
Mari bersama kita ciptakan bumi yang lebih baik dengan memilih produk yang berkelanjutan.
#sispreneur