Berawal hobi memakai klip hijab dan magnet hijab saat saya bekerja di ranah publik, banyak rekan kerja saya tertarik dengan aksesoris ini. Bisnis kecil-kecilan dimulai dari sini, rekan kerja saya banyak yang minta dibelikan aksesoris ini. Ide berbisnis muncul ketika saya sering belanja online untuk pesanan teman saya. Saya bergabung menjadi reseller salah satu supplier produk tersebut. Saya mulai belajar bisnis dengan praktek membuka toko online di marketplace dan sosial media berbekal ilmu di kelas bisnis online.
Halo, saya ibu rumah tangga satu anak dengan suami memiliki pekerjaan berpindah-pindah lokasi. Berbisnis online merupakan solusi untuk terus berkarya dari rumah. Tentu saja saya selalu ingat pekerjan utama saya adalah manager rumah tangga. Bekerja di ranah domestik merupakan keputusan murni sendiri tanpa paksaan siapapun. Maka saya dengan penuh bertanggung jawab mengerti akan apa yang saya lakukan ke depannya baik untuk keluarga maupun diri saya sendiri.
Toko online terus berkembang dengan produk utama klip hijab dan magnet hijab. Saya merambah perlahan ke produk hijab. Saya terinspirasi dengan produk hijab laris manis nan murah di marketplace. Saya mencoba membeli produk hijab tersebut. Namun rasa iba muncul seketika. Bahannya tidak nyaman dan kasar. Dari sini saya terinspirasi membuat hijab berkualitas dengan bahan layak pakai dipersembahkan untuk wanita muslimah berhijab. Menurut saya, keputusan berhijab merupakan tekad mulia dan tidak mudah. Usaha ini berdiri terinisiasi untuk memberikan penghargaan pada wanita muslim berhijab dengan menyediakan produk berkualitas ramah kantong.
Saya meyakini keterbatasan modal bukan hal utama, tekad yang utama. Saya memilih sendiri material hijab dengan kualitas baik, foto produk selfie dengan model diri sendiri untuk menghemat budget.
Bersama produk ini, saya yakin ini solusi untuk wanita berhijab. Nyaman dalam berhijab, layak pakai dan terjangkau. Saya ingin menyelesaikan permasalahan hijab tak layak pakai yang dibeli oleh kalangan menengah ke bawah karena faktor ekonomi. Saya ingin menjunjung derajat mereka dengan menghadiahkan produk hijab layak pakai dengan harga yang bisa mereka bayar. Klip hijab dan magnet hijab ini juga saya perjuangkan untuk bisa dikenal lebih luas karena lebih aman, menggantikan aksesoris hijab seperti jarum pentul dan peniti yang beresiko.
Saya menyadari langkah saya belum maksimal salah satunya karena faktor pengembangan produk dan promosi yang cukup memakan biaya. Namun saya konsisten dengan pengalokasian dana untuk budgeting produk baru, packaging maupun marketing. Respon pasar baik karena kualitas produk dan pelayanan merupakan prioritas. Berbekal background mantan staf Quality Assurance sehingga saya menyadari pentingnya aspek kualitas.
Saya bersemangat mengikuti program #sispreneur ini untuk pengembangan bisnis dengan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, juga saya memiliki ide yang mungkin bisa mendapatkan perhatian. Saya suka sekali dengan batik. Batik merupakan karya seni tinggi dan berkarakter yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Maka sayang sekali kalau batik ini tidak medapat perhatian lebih untuk dilakukan pengembangan produk. Saya memiliki mimpi bisa mengangkat batik ini dalam bisnis fashion muslim Indonesia ke ranah global sebagai signature fashion muslim Indonesia. Seperti Malaysia dengan baju kurungnya, negara timur tengah dengan abaya dan jubahnya. Mengapa Indonesia belum muncul dengan signature batik sebagai fashion khas muslimnya?