Tekad kuat dan keinginan untuk terus belajar sangat tentu diperlukan oleh para pelaku UKM agar bisa menjadi pelaku ekspor dan memasarkan produknya ke mancanegara itulah yang di lakukan Julianti Trisnamawan owner Sundanika coffee.
S
aya terjun ke industri kopi karena terinspirasi dari kakak saya yang merupakan penikmat kopi dan sudah berkecimpung sebagai produsen kopi yang selalu berinovasi untuk menciptakan kopi berkualitas tinggi. Saya juga melihat peluang besar untuk membawa bisnis ini mendunia.
Sejak menjadi UKM di Tangerang Selatan, Saya langsung mendaftarkan bisnis ini dan bergabung dengan Kemenkop dan UKM Sundanika Indonesia kemudian menjadi satu-satunya perwakilan merek kopi Indonesia dalam Expo Coffee, Tea, Cocoa yang diadakan di Sokolniki Moskow, Rusia . Di sana, ia berhasil menjual 100 pouch total 60 kg kopi yang terdiri dari 9 varian. Dan belum lama bulan April 2022 saya juga mengikuti specialty coffee di Massachusetts, Boston USA dan banyak buyer yang hadir dr seluruh dunia dan ada potensi buyer dr Canada dan USA .
Begitu antusias nya buyer yang datang ada para roaster dan pengusaha cafe resto hadir itu yang menjadi kebanggaan bahwa kopi Indonesia sangat di gemari .
Buat saya kunci sukses sebagai UKM kita harus terus focus, kreatif , belajar dr orang yg sukses dan berdoa saya percaya pasti Tuhan akan buka jalan dan tidak menyerah terus maju .
Akhir kata dari semua pencapaian dan mimpi saya ingin kopi Indonesia di kenal di seluruh dunia dan saya bisa menjadi seorang eksportir .