Hai, #Sispreneur perkenalkan saya Roshina dari Kota Batu. Kota kecil yang dingin di Jawa Timur. Saya memiliki usaha minuman dalam kemasan berbahan temulawak yang saya beri nama "SEKAR" atau Sari tEmulawaK segAR.
Dahulu alun-alun kota Batu adalah tempat pasar malam yang selalu ramai pengunjung. Kalau pasar dibuka sore hari, para pekerja pasar akan mulai bekerja di siang hari. Nenek saya salah satu penjual minuman temulawak di dekat alun-alun kota. Pelanggan beliau adalah para pekerja pasar yang setelah selesai membangun tenda-tenda kios dan menata dagangan mereka membeli minuman temulawak.
Setelah tidak berjualan lagi, resep jamu temulawak ini diberikan dari nenek kepada semua anak-anaknya, termasuk kepada Ibu saya. Tahun 2016 muncullah ide untuk membuat produk temulawak dalam kamasan yang awalnya masih memakai kemasan botol bekas.
Dalam perkembangannya, kami mulai berpikir untuk memperbaiki kemasan untuk memenuhi pangsa pasar. Akhir tahun 2016 kami mencoba membuat desain kemasan yang baik agar bisa mempercantik tampilan produknya, di tahun ini pula nama SEKAR mulai digunakan.
Sasaran pasar adalah semua usia baik anak-anak, remaja hingga dewasa dilihat dari khasiat temulawak itu sendiri. Tahun 2016 sampai pertengahan tahun 2019, Sekar sudah memiliki 3 jenis kemasan. Kemasan botol 330 ml, 600 ml, dan botol 1500 ml. Setelah itu, melihat peluang pasar produk kemasan yang lebih kecil yaitu 120 ml seperti sari buah apel dll yang sudah lama beredar di Kota Batu, Kami membuat terobosan baru. Tahun 2019 sudah lounching produk kemasan 120 ml dengan rincian 1 dus isi 36 cup. Pelanggan semakin lama semakin bertambah. Tahun 2021 Kami memutuskan untuk merampingkan isi per dus yaitu menjadi 24 cup. Omset kami tiap tahun bertambah, untuk tahun ini meningkat 3x lipat. Alhamdulillah kami sudah bisa mempekerjakan seorang karyawan dan kurir.
Harapan untuk kedepannya, Sekar bisa membuka lebih banyak peluang kerja dan meningkatkan jumlah produksi. Terutama dalam bagian produksi, karena alat/mesin masih manual maka pemenuhan permintaan pasar masih sangat dibatasi. Disamping menjaga kualitas produk yang fresh, tenaga karyawan juga terbatas. Konsumen dikalangan anak-anak hingga dewasa menyukai produk kami karena dari segi rasa, tidak serik (karena menggunakan gula pasir asli), dan tidak memakai bahan kimia, dak kemasan yang menarik. Khasiat temulawak sudah banyak diketahui sebagai penambah nafsu makan dan manfaat kesahatan lainnya. Dari sini kami memiliki motto Temulawak untuk hidup yang lebih sehat.
Lewat Sekar Kami bisa berkarya, mencoba berbagai hal baru, bertemu banyak orang, dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi. Lewat senyum dan kepuasan para pelanggan kebahagiaan itu datang. Usaha keras menghasilkan produk yang terbaik terbayar lunas dengan senyum mereka.