Halo smart moms,
Semoga semua sehat dan happy selalu.
Saya utik Endang Sri Iriani ,dalam keseharian aktifitas saya disamping mengelola usaha aromaterapi sejak 2004 dengan merek griyawangi® dan herbal fresh drink sejak tahun 2018 juga dengan merk griyawangi®.
Di usia 59 tahun ini,saya lebih bahagia dapat berperan juga di komunitas woman preuner seTangsel yang sejak thn 2018 dibentuk dgn nama PEPI_Pengembangan Ekonomi Perempuan Indonesia ,yang beranggotakan 230 perempuan usaha rumahan sudah mempunyai Legalitas komplit. Sehingga saya dan pengurus lebih bersemangat lagi dlm aktifitas road show keliling kampung menjalankan berbagai program stimulus woman preuner diantaranya sedekah resep dan economic skill class (Ig @galeri.pepi).
PEPI ini saya bangun untuk membagikan pengalaman saya baik sukses dan gagal nya, selama mengelola bisnis dari 2004 dengan beberapa jenis bisnis,selain aromaterapi ada juga batik fashion dan ethnic accesoris ,yang memberi saya banyak kesempatan event berkeliling hingga Sanghai 2010 dan Argentina 2012 ,selain mengelola belasan outlet di berbagai mall seluruh Indonesia,mulai mall Kelapa Gading ,mall Ambasador di Jakarta,Batam Trade Center,mall Kartini Lampung ,mall Pekan Baru di Sumatera ,mall Panakukang Makasar ,mall Boulevard Menado di Sulawesi,Balik papan mall ,Lembuswana mall Samarinda di Kalimantan , Mall Java ,mall Ciputra Semarang,BSM Bandung ,mall Malioboro Jogja ,Tunjungan plaza Surabaya di Jawa,mall Galeria di Bali,dan beberapa lagi. Dimana membuat pertumbuhan finansial saya sangat bagus ( untuk ukuran singgle mom sejak 2001 ).
Dapat membeli properti di area BSD dan menguliahkan ke 3 orang anak saya hingga sarjana.
Hingga sebuah kesalahan management dan bertepatan dengan waktu starting masuk nya konsep on line marketing dari China dengan dumping harga ,membuat bisnis saya mulai oleng ,dan harus menyelamatkannya dengan menutup outlet2 yg mulai sepi dan menguras subsidi modal terus.
Alhamdulillah ,
Hingga thn 2022 ini masih ada yang bisa bertahan ,yaitu aromaterapi dan herbal fresh drink. Dengan konsep marketing yang berbeda.untuk aromaterapi sekarang lebih fokus menjadi material support SPA dan Salon.
Sedangkan untuk herbal fresh drink menjadi mitra di beberapa minimarket buah dan Bandara SOETA.
Melihat fenomena iklim trend penjualan yang wajib pivot ke on line ,maka saya jadikan Rencana bisnis ke depan adalah serius yg melaksanakan konsep on line marketing ,yang harus diperkuat dengan SDM yang handal dan profesional .
Bila perlu akan di handel oleh 3 shift team, artinya pelayanan penjualan di 24 jam non stop
Untuk itu diperlukan design Bisnis Canvas Model yang Baik, dan pengelolaan management yang bagus.
Artinya saya membutuhkan tambahan modal untuk meng cover over head dan konsistensi operational usaha .
Terkait seluruh perencanaan peningkatan kapasitas usaha ini, saya membutuhkan dukungan ,arahan bimbingan konsultasi dari Inkubasi Bisnis W2O Sispreuner dari Sisternet ini.
#Sisterpreuner
Dan saya layak mendapatkan nya , Karena ilmu dan experience nya akan kembali saya bagikan kepada 230 perempuan usaha rumahan yang menjadi anggota PEPI,yang setiap tahunnya bertambah jumlah ,artinya memang program pendampingan nya banyak yang membutuhkan.
Berikuta saya lampirkan estimasi modal yang dibutuhkan:
Biaya produksi
1. Fresh drink
1000 botol×Rp. 6000,-= Rp. 6.000.000,-
2. Aroma therapy
Burner oil: 100 botol×15.000,-= Rp. 1.500.000,-
Car freshner coffee: 500 pcs×Rp. 10.000,-= Rp. 5.000.000,-
Dupa wangi: 500 set×Rp. 5.000,-= Rp. 2.500.000,-
Poutporry: 100 set×Rp. 20.000,-= Rp. 2.000.000
Biaya Operasional
Rp. 3.000.000,-/org/bln
Dibutuhkan 3org karyawan= Rp. 3.000.000,-×3org×3bln= Rp. 27.000.000,-
Biaya peralatan
1 pcs laptop harga Rp. 8.500.000,-
Total biaya: Rp. 52.000.000,-