Hai Sisters,
Berkecimpung di dunia event organizer profesional sudah saya geluti sejak tahun 2012. Saat itu masih di tahun awal saya memulai kuliah di Yogyakarta. Beruntung saya bisa tinggal lama di kota budaya dan pelajar yang tiap harinya selalu ada acara yang dibuka untuk umum. Di kampus, saya juga aktif di kegiatan kampus dan langganan menjadi divisi acara. Saya senang untuk mengemas konsep ke dalam rundown dan mengaplikasikannya di lapangan. Kalau kata teman-teman, saya orang yang mau "direpoti", tapi bagi saya itu adalah suatu hal yang saya senang menjalaninya.
Awal membangun Rayakan Wedding Organizer (Rayakan WO) tak lepas dari tempat saya berkuliah yaitu di Yogyakarta. Pada tahun 2017, saya mengajak 3 orang teman saya yang lain untuk masuk ke dalam team. Teman-teman saya ini pun yang aktif dalam kegiatan kampus. Alhamdulillah walaupun tergolong sangat baru, 1 bulan setelah launching Rayakan Wedding Organizer klien pertama kami datang. Mbak Hera namanya. Saya masih ingat detail apa warna baju yang ia pakai, makanan di resto yg ia pesan saat meeting pertama, sampai 4 nomor terakhir whatsapp nya. Ya, saking berkesannya klien pertama ini karena ada orang yang mempercayakan kepada saya hari bahagia satu kali seumur hidupnya untuk saya organize. Pengalaman pertama handle secara profesional menjadi banyak pelajaran untuk saya bahwa profesi ini perlu jam terbang dan kompetensi yang mumpuni.
Kemudian Rayakan Wedding Organizer bergabung bersama Hastana (Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia) untuk meningkatkan kompetensi dan legalitas. Alhamdulillah Rayakan Wedding Organizer lolos kualifikasi dan menjadi anggota Hastana sejak tahun 2019.
Dalam perjalanannya saya bersama 3 orang teman selaku founder Rayakan Wedding Organizer memutuskan untuk berjalan sendiri-sendiri karena kami akan berpisah ke kota masing-masing. Saya pun pindah ke Bekasi dan melanjutkan Rayakan Wedding Organizer di kota ini.
Memang benar kata peribahasa jika rezeki tak kemana. Genap 2 bulan setelah pindah ke Bekasi, Rayakan WO mendapatkan klien salah satu chef artis ibukota. Menghandle acara pernikahan public figure pastinya ada perbedaan. Sebagai WO, saya juga berkoordinasi dengan pers untuk pelaksanaan conference pers, banyaknya tamu VIP dan perbedaan treatmentnya, sampai konsep yang unik. Saat itu konsep yang dipilih yaitu 80's, sehingga banyak detail yang diperlukan untuk mendukung tema ini.
Rayakan WO juga berkesempatan untuk menghandle hari pernikahan cucu orang nomor 2 di negeri ini, yaitu cucu dari Wakil Presiden Bapak K.H Ma'ruf Amin. Pengalaman tersebut menjadi tambahan jam terbang yang sangat berharga untuk saya karena dapat dipercaya mengelola hari bahagia dari cucu beliau. Mulai dari sesi konsultasi, technical meeting, sampai di hari H berkoordinasi dengan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) menjadi pengalaman tak terlupakan.
Mendapatkan testimoni positif dari berbagai background klien pun menjadi reward buat kami, karena produk kami adalah jasa maka kepuasan klien merupakan prioritas. Tentunya kendala dan kritik dari klien pasti ada, di setiap event pasti saya dan team melakukan evaluasi agar kesalahan tersebut tidak terulang di event selanjutnya.
Siapa pun yang berencana akan berkomitmen sakral dengan ikatan pernikahan pasti melewati hari-hari kadang galau atau pun bingung harus memulai darimana. Para calon pengantin ini punya berbagai mimpi tapi kadang sulit untuk diimpelentasikan. Rayakan WO hadir bukan hanya untuk memeriahkan saat hari utama akad dan resepsi saja. Lebih dari itu sesuai tagline kami, "Your Partner to Step a New World", kami memiliki service lainnya yaitu konsultasi bersama dokter yang concern dalam kesiapan kesehatan pra nikah dan juga influencer pra nikah dengan background penulis buku pra nikah. Kami juga sempat menjalin kerjasama dengan salon sebagai bentuk kolaborasi untuk treatment pranikah calon pengantin. "Kolam" baru dari Rayakan WO sebagai penguat branding kami ada akun instagram @lifeaftermarriage.id. Pada kontennya terdapat berbagai cerita kehidupan pasca menikah dan juga quotes tentang pernikahan.
Saat ini Rayakan WO belum memiliki kantor tetap sehingga jika konsultasi berada di rumah saya atau di resto. Agar lebih nyaman harapannya bisa segera kontrak sebuah ruko atau renovasi teras rumah. Untuk perkembangannya juga diperlukan SDM tambahan seperti content creator dan juga team marketing. Cita-cita Rayakan WO adalah menjadi WO terbaik di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Kami ingin menjadi pioneer start up pernikahan yang tidak hanya handle saat hari H tapi juga memiliki platform yang bisa diandalkan sebagai partner dari calon pengantin untuk mengupgrade dirinya.
Usaha Wedding Organizer (WO) adalah usaha yang menjanjikan karena tiap minggunya pasti selalu ada yang akan melangsungkan acara pernikahan. Rayakan WO juga sudah memiliki legalitas sehingga untuk kompetensinya sudah mumpuni. Saat ini Rayakan WO terfokus di wilayah Cirebon dan sekitarnya sehingga untuk nama sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena sudah stabil dari tahun 2018. Kami juga sudah menjalin kerjasama secara baik dengan berbagai vendor mulai dari dekorasi, dokumentasi, catering, make up dan busana, dan lainnya. Sudah lebih dari 70 klien kami handle dari berbagai jenis adat maupun internasional.
Besar harapan saya agar bisa lolos ke tahap selanjutnya di kompetisi W20 Sispreneur untuk berkenalan dan membuat jejaring dengan para wirausaha wanita hebat lainnya. Ini juga bisa menjadi booster agar performa dan branding kami lebih kuat.