Halo, nama saya Rimas (34 tahun) asal Trenggalek yang sekarang berdomisili di Bogor. Saya adalah owner Sikaji, sebuah brand rintisan kami dengan produk kaos dan cenderamata edukasi, khususnya untuk anak-anak dan masyarakat pada umumnya. Akun media sosial saya @rimasinayah di Instagram atau Rimas Masthufiyatul Inayah di Facebook. Sedangkan akun Sikaji bisa kunjungi @sikaji_store baik di Instagram, Facebook page, maupun tiktok. Silakan berkunjung untuk mengenal Sikaji lebih dekat!
Awal mula berdirinya Sikaji adalah ketika kami sedang membutuhkan kaos untuk anak-anak dan keponakan sekitar tujuh tahun lalu. Kami tidak menemukan kaos anak yang nyaman sekaligus mengandung pesan edukasi. Kaos anak-anak saat itu didominasi oleh desain berbagai karakter kartun. Dari pengalaman tersebut, muncullah gagasan untuk membuat kaos anak edukasi yang nyaman, menarik, dan membawa pesan kebaikan. Lahirlah Sikaji yang merupakan akronim dari Koleksi Kaos Ngaji dengan filosofi kaos yang bisa me"ngaji" dengan mengambil hikmah dari lingkungan dan kehidupan.
Kala itu, kami terbentur dengan berbagai keterbatasan, menemukan vendor yang tepat, keterbatasan pilihan bahan, dan terutama keterbatasan modal. Sehingga harga produk kami terlampau tinggi. Meski begitu kami masih berusaha untuk mewujudkan impian ini dengan menabung desain. Kami bekerja sama dengan ilustrator buku anak untuk menciptakan desain kaos Sikaji dengan tema-tema edukasi. Hal ini memungkinkan kami menciptakan desain yang mampu menggambarkan cerita dan pesan kebaikan dalam sebuah ilustrasi berwarna-warni, sesuai dengan slogan kami, Sikaji Kaos Baik.
Perjalanan ini sempat mengalami mati suri dikarenakan kami yang hampir patah arang. Kemudian pada tahun 2021, ketika pandemi belum juga bersahabat dan masih membatasi aktivitas masyarakat, kami kembali dihadapkan dengan tantangan untuk mendapatkan kaos anak-anak. Maka, kami pun kembali memberanikan diri untuk membangkitkan Sikaji dari tidur panjangnya. Kami kembali berburu vendor dan bekerja sama dengan ilustrator. Dengan izin Allah, kali ini kami menemukan vendor yang sangat mendukung bagi kebangkitan kembali Sikaji. Kami mencetak beberapa kaos untuk anak kami dan keluarga, dan ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa. Kami mulai menyebarkan melalui status Whatsapp dan disambut dengan antusias oleh keluarga dan kolega. Pada awal tahun 2022 ini, kami menerima pesanan kaos komunitas pertama, yang membuat kami semakin bersemangat untuk membawa bisnis ini menjadi lebih besar lagi. Berdasarkan testimoni, pelanggan kami merasa puas dengan kualitas produk kami ditinjau dari segi kenyamanan, ukuran, warna, maupun desain.
Namun, kembali kami dihadapkan dengan keterbatasan modal. Kami belum mampu stok barang, sehingga pemesanan masih dilakukan dengan sistem pre-order. Dengan mengikuti kompetisi #sispreneur ini kami ingin meluaskan jangkauan Sikaji agar semakin berkembang dan banyak membawa manfaat. Dalam jangka waktu 1-3 tahun ke depan kami berharap mampu menyediakan stok barang yang melimpah dan menyerap tenaga kerja, khususnya perempuan di sekitar kami, untuk meningkatkan perekonomian mereka sebagai pondasi dari perekonomian dunia. Dalam kurun waktu 10 tahun, kami berharap bisa menyerap 1000 tenaga kerja, terutama perempuan, agar semakin banyak perempuan berkarya dan berdaya. Sehingga Sikaji bukan hanya kaos yang menyampaikan pesan kebaikan, tetapi juga bisnis yang menyebarkan kebaikan bagi sesama.
Harapan kami adalah Sikaji dapat menjangkau seluruh pelosok tanah air, bahkan ke seluruh dunia untuk menyebarkan manfaat dan membawa nama baik Indonesia di mata dunia. Kami sangat berharap kompetisi ini adalah jalan kami menuju impian kami.