Siapa sangka serai yang banyak dikenal sebagai bumbu dapur sister dirumah bisa menjadi sesuatu yang bernilai hingga miliaran?. Maharati yang berarti Bijaksana, didirikan tahun 2016 dengan tujuan mulia yaitu ingin memanfaatkan secara bijaksana diversiti kekayaan alam Indonesia. Maharati memanfaatkan tanaman serai wangi untuk menjadi perlindungan alami keluarga Indonesia dari nyamuk dan serangga.
Tidak banyak yang tahu manfaat lain dari serai sebagai anti nyamuk dan serangga alami. Kebanyakan masyarakat kita bergantung pada produk berbahan kimia ketika mengatasi masalah nyamuk dan serangga dirumah, padahal jika digunakan dalam jangka panjang akan menimbulkan berbagai maslah kesehatan serius.
Inovasi pertama Maharati kami beri nama Serai Pintu Dinding dan Jendela, Serai Dewasa, Serai Anak dan Serai Pel. Mungkin terdengar aneh atau menggelitik ketika mendengar brand produk kami, namun disanalah value yang ingin kami tanamkan melalui kesederhanaan nama produk ini kami menjelaskan nilai dan manfaatnya. Seperti Serai Pintu Dinding dan Jendela kami yang berfungsi sebagai anti nyamuk dan serangga alami untuk disemprotkan pada pintu dinding dan jendela, begitu pula Serai Anak diformulasikan khusus untuk melindungi kulit Anak dari gigitan nyamuk dan serangga.
Maharati tumbuh dari semangat 10 orang #sispreneur hebat didalamnya, selama 5 tahun bertumbuh kami merasakan energi yang luar biasa dari manfaat produk kami. Maharati juga memiliki misi sosial di dalam internal timnya seperti kami membuka kesempatan untuk perempuan muda yang minim pendidikan untuk kembali memiliki mimpi dan berdaya, seperti beberapa tim internal kami memiliki kisah hidup yang tidak mudah, namun mereka kembali bangkit melanjutkan kehidupan, hingga melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi sehingga mereka bisa kembali bermimpi. Hal ini sejalan dengan core value yang ada di dalam Maharati salah satunya adalah Love dimana kami membangun hubungan dengan tim kami layaknya keluarga yang kami sayangi. Saat ini produk maharati tersebar di 300 kota dan kabupaten di Indonesia, atau >50.000 community size kami yang sudah merasakan manfaatnya, target kami ditahun 2030 >1juta penduduk indonesia menjadi bagian dari gerakan green movement living kami. Kami juga membangun relasi dengan berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, dan berbagai instansi daerah yang ada di Jakarta untuk mendukung dan membantu Maharati untuk berkembang terutama dalam strategi Brandingnya.
Selain itu kami juga membuat program empower bagi ibu rumah tangga, yaitu pemberdayaan para ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial melalui program yang kami beri nama Mom’s Bright. Awalnya pada tahun 2020 kami membina 40 ibu untuk bergabung dengan bisnis kami sebagai member dari Program Mom’s Bright. Hingga Awal tahun ini lebih dari 120 ibu bergabung dengan program kami untuk mengikuti pelatihan. Sejak aktif mengikuti program Mom's Bright mereka sangat terbantu terutama dalam peningkatan pendapatan bulanan ibu rumah tangga yang terlatih, selain itu program kami memberikan dampak pada perubahan gaya hidup mereka dari yang biasa menggunakan produk berbahan kimia menjadi produk yang ramah lingkungan.
Mimpi kami sangat sederhana kami ingin 5 sampai 10 tahun lagi ketika masyarakat memikirkan produk perawatan kulit dan rumah yang Alami, maka nama yang pertama muncul dibenak mereka adalah Maharati, harapan kami di masa depan setiap rumah di Indonesia bahkan dunia memiliki dan merasakan manfaat dari 1 produk Maharati dalam kesehariannya.