The Journey of From No One to Someone
“The only way to do great work is to love what ypu do. If you haven’t found it yet. Keep looking. Don’t Settle.” – Steve Jobs
Bisnis Perjalanan 1 tahun Generasi Cakap
Perjalanan satu tahun awal Generasi Cakap dapat dikatakan tak dapat dibayangkan sebelumnya.
Saat pandemi merebak, hampir semua orang berdiam diri di rumah dan melakukan banyak hal secara online (daring) mulai dari pendidikan, kesehatan, bekerja/ bisnis hingga pelayanan publik. Dalam kondisi ini malahan lahirlah Generasi Cakap pada Februari 2021.
Generasi Cakap merupakan sebuah Biro Psikologi yang bergerak di bidang pengembangan diri dan organisasi, khususnya untuk generasi muda usia 20-35 tahun. Dengan konsep Social Enterprise, Generasi Cakap menjalankan berbagai program untuk mencapai misi sosialnya yaitu membangun dukungan sosial psikologis bagi generasi muda untuk menghadapi masalah dunia kerja khususnya career gap (kesenjangan karir) dan juga masalah mental health (kesehatan mental). Misi ini diikuti beragam program edukasi, riset, pengembangan dan pendampingan psikologis.
Saat pertama kali mempublikasikan sosial bisnisnya, Generasi Cakap mengadakan kegiatan pertama berupa seminar online/ webminar disertai kegiatan charity untuk korban gempa Palu dan Lombok. Hanya saja ternyata webminar tersebut hanya dihadiri oleh kurang dari 20 orang aja. Jumlah peserta yang dapat dikatakan sedikit untuk ukuran kegiatan yang dilakukan secara online saat itu. Sebenarnya kami telah menyebarkan informasi melalui akun Instagram. Kami juga mengirimkan info kegiatan lewat WA Messanger satu per satu dan mendorong penggunaan IG Ads. Namun saat itu, Generasi Cakap sadar kalau kami masih “No One”, belum banyak dikenal oleh khalayak umum, pengikut/ followers Instagram pun yang baru saja dibuat sekitar 10 akun.
Tentu acara pertama tidak membuat kapok, Generasi Cakap terus berpikir untuk maju, menyusun program dan kegiatan-kegiatan mulai dari edukasi Career Development hingga Mental Health. Konsisten Selama 1 tahun belakang ini Generasi Cakap telah mengadakan lebih dari 20 kegiatan internal webminar (yang diadakan secara mandiri) dengan jumlah peserta teregistrasi >1100 orang. Sedangkan webminar kolaborasi (bersama institusi lain) diikuti oleh sekitar 2000 total registrasi peserta. Dalam kegiatan sosial media, pengikut akun Generasi Cakap terus bertumbuh hingga menjadi 29.7K secara organik. Kami berharap Generasi Cakap akan terus bertumbuh “From No One to Someone”
Rencana bisnis ke depan
Dalam jangka pendek, Generasi Cakap akan mengadakan kegiatan bootcamp Youth Exploration Development Program selama 8 minggu yang berisi rangkaian pelatihan untuk Angkatan Kerja baru melalui asesmen, pelatihan, pendampingan hingga mendapatkan pekerjaan dengan target pelaksanaan ditujukan untuk 2500 orang terregistrasi, dilakukan dalam 3 batch dengan tingkat partisipasi asesmen sebanyak 750 orang dan 325 orang yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.
Langkah awal yang akan dilakukan adalah dengan
Secara jangka panjang, Generasi Cakap berencana untuk menyusun platform penyedia asesmen dan development yang dapat membantu mengenali diri, minat dan bakat, kesesuaian pekerjaan, culture-fit dan organization fit.
Tujuan utama mengikuti program inkubasi #Sispreneur adalah Generasi Cakap ingin memperluas dampak sosial secara terstruktur dengan mendapatkan arahan dari program inkubasi bisnis ini. Selain itu, kami yakin dengan jejaring/ networking yang dimiliki oleh XL, kami dapat mengembangkan mindset, pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti program ini.
Tentunya mendapatkan modal bisnis pun menjadi tujuan kami mengikuti program ini. Mengapa modal bisnis ini menjadi penting? Saat ini kami akan menjalankan program bootcamp Youth Exploration Development Proram untuk pengembangan diri dan karir yang akan dilaksanakan secara blended learning. Kami memiliki modul pembelajaran yang komprehensif meliputi pengembangan mindset, attitude dan skillset, menghadirkan certified dan experienced psikolog, coach dan mentor, program offline yang menghadirkan pembelajaran experience yang menyenangkan dan meaningful. Selain itu kami memiliki keyakinan bahwa misi kami membantu Angkatan kerja muda akan memberikan manfaat jangka panjang dan mendorong pencapaian Sustainable Development Goal (3,4,8). Oleh karena itu, kami mengajukan pendanaan untuk menjalankan program ini dengan rincian modal sebagai berikut;
Pengembangan Asesmen dan Modul sebesar Rp 25.000.000
Acquistion cost Rp 10.000.000
Program Cost Rp 40.000.000
Kegiatan yang kami lakukan bakalan seru banget untuk mendorong generasi muda yang lebih tangguh secara mental dan memiliki karir yang penuh makna sesuai dengan potensi diri dan tuntutan zaman sekarang.