Saya Bunga owner dari Exobrooch. Seorang arsitek yang juga berkarya di dunia crafting dan fashion. Exobrooch merupakan singkatan dari exotic brooch, yang mewakili keunikan karya.
Experience menghadiri event Inacraft 2012 menginspirasi dan mengstimulus kreatifitas menciptakan karya crafting Exobrooch ini. Pada saat itu saya masih bekerja sebagai in-house architect di Procurement salah satu bank syariah, dimana bros menjadi aksesori yang diperlukan untuk memperindah penampilan hijab karyawannya. Awalnya hanya iseng meletakkan hasil karya di samping meja kerja, ternyata banyak yang berminat membeli bros tersebut.
Di tahun berikutnya dengan nama brand Exobrooch, saya mulai melebarkan usaha ke dunia fashion dengan produk custom, modest muslim wear dan mukena. Pemasaran produk melalui beberapa e-commerce Indonesia.
Produk unggulan bernama Mukena Mukaga merupakan mukena ponco yang memiliki keunikan cutting geometris dengan aksen dan motif yang berbeda dari mukena yang dijual di pasaran. Produk ini lolos kurasi dan menjadi salah satu dari 50 karya arsitek dalam buku Dies Natalis Arsitektur ITS ke-50 tahun 2015.
Seiring waktu saya merasa perlu mendapatkan basic keilmuan di dunia fashion, sehingga di 2016-2017 saya bertemu Ibu Suud Alwi (Pengajar Senior di ESMOD dan La Salle) untuk mengikuti Fashion Business Course – Fashion Brand Concept & Development. Kemudian Exobrooch mendapatkan sertifikat HAKI di Maret 2018.
Banyaknya kesempatan pelatihan online dan offline selama pandemi di tahun 2021 juga menjadi penyemangat untuk terus berkembang dengan pencapaian, antara lain:
1. Salah satu dari 30 Produk Unggulan Scale Up Femina x Facebook Angkatan ke-2.
2. Peserta Terbaik dalam kegiatan Pelatihan dan Pendampingan BSI Entrepreneur Class 2021.
3. Pelatihan Seni dan Budaya Kelurahan Jatijajar : Shibori dan Batik.
Dengan bekal ilmu dari pelatihan, saya menciptakan karya inovasi masa pandemi yang berhasil di ekspor yaitu Zoomiform, perpaduan dari kata 'zoom' dan 'uniform'. Above keyboard dressing berupa smart cape and collar, yang mudah dipadankan dengan t-shirt harian untuk digunakan saat video call saat WFH. Produk ini sudah di ekspor produk ke Eropa dan Australia melalui kegiatan kurasi produk UKM yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok dan Indonesia In Your Hand.
Zoomiform Exobrooch juga menjadi salah satu karya yang berhasil lolos kurasi dalam program Neighborhood dari Uniqlo di awal 2022. Sebuah instalasi di area toko—toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dar UKM lokal terpilih.
Tidak berhenti di pengembangan produk, Exobrooch meluncurkan Collab Project yang melibatkan karya anak-anak sebagai aksen dalam koleksi fashion Exobrooch. Runway koleksinya telah dilakukan pada Februari – Maret 2022 di beberapa Mall di Depok dengan membawakan koleksi shibori dan batik hasil karya kolaborasi bersama anak-anak.
Membaca dari minat dan antusiasme peserta kolaborasi tersebut, ke depan Collab Project Exobrooch akan membuka kelas-kelas workshop dimana siapa saja bisa belajar crafting, menciptakan koleksi fashion baru ataupun belajar membawakan karya di panggung runway dan sesi foto. Nantinya karya dari Collab Project Exobrooch ini akan dipasarkan melalui link-link e-commerce dan diperkenalkan melalui event-event Collab Project Exobrooch.
Melalui #Sispreneur dari Sisternet akan membuka peluang lebih luas untuk memperkenalkan inovasi karya melalui Collab Project Exobrooch dan menginspirasi siapa saja yang mau belajar dan berkembang bersama #JadiLebihBaik .