Sebagai orang Indonesia, saya bangga sekali terlahir dan hidup di Indonesia. Banyak sekali hal yang tidak bisa saya temukan ketika berkunjung ke luar negeri. Menurut saya, semakin sering saya mengunjungi negara-negara lainnya, semakin bertambah kecintaan saya terhadap negeri ini.
Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan bahasa daerah. Banyak sekali ragam budaya dan kuliner yang bisa ditemui di Indonesia. Nggak akan pernah bosan karena setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri. Tidak heran jika Indonesia termasuk negara dengan suku terbanyak. Dikutip dari situs indonesia.go.id, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku bangsa, tepatnya 1.340 suku berdasarkan sensus BPS tahun 2010. Dilihat dari ragam bahasa, Indonesia pun kaya. Ethnologue Language of the World merilis jika jumlah bahasa yang dimiliki Indonesia adalah sebanyak 710 bahasa. Bandingkan dengan benua Eropa yang hanya memiliki 5-6 suku saja, Indonesia jauh lebih kaya ragam budaya.
Dari situ saya berpikir bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menarik perhatian dunia Internasional melalui bahasa dan budayanya. Berangkat dari pengalaman bekerja di sebuah Lembaga Bahasa selama lebih dari 10 tahun, dan berakhir PHK saat pandemi covid 19 kemarin. Saya dan kedua teman memantapkan diri untuk mendirikan badan usaha yang jenis usahanya adalah kursus bahasa. Salah satu layanannya adalah Kursus Bahasa Indonesia Online. Kami memilih melakukan bisnis ini secara online karena melihat pangsa pasar/ target market kami juga berada di luar negeri dan sangat memungkinkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan murid yang berasal dari mancanegara.
Melalui program Kursus Bahasa Indonesia online, peserta diperkenalkan mengenai bahasa dan budaya Indonesia. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan peserta kursus, terdapat program custom jika peserta menginginkan topik tertentu. Karena ada kebutuhan lain seperti untuk penelitian, volunteer untuk program NGO, atau kunjungan bisnis. Mereka bisa melakukan persiapan kursus bahasa Indonesia online terlebih dahulu sebelum terbang ke Indonesia. Program-program yang dibuat secara custom seperti ini dapat memenuhi kebutuhan peserta yang datang dari kalangan akademisi, dan mahasiswa. Penelitian yang mereka lakukan di Indonesia dapat memperkaya informasi dan literatur mengenai Indonesia di luar negeri.
Jika Anda perhatikan, ada beberapa buku mengenai Indonesia yang ditulis oleh orang luar negeri. Ada banyak metode yang dilakukan, ada yang langsung melakukan pengamatan dan observasi di Indonesia, ada yg melalui penelusuran literatur, ada banyak cara yang dilakukan. Dan semuanya pasti membutuhkan setidaknya basic skills bahasa Indonesia untuk melakukannya.
Hal ini juga bisa dilakukan oleh kita orang Indonesia untuk memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri. Dan pastinya harus memiliki skills bahasa Inggris yang mumpuni untuk bisa menulis dalam bahasa Inggris. Bayangkan jika banyak orang Indonesia aktif menulis mengenai budaya Indonesia dalam bahasa Inggris di media-media internasional, bahkan menerbitkan buku dalam bahasa Inggris, maka hal ini akan menaikkan exposure mengenai Indonesia. Kembali lagi, kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berperan penting untuk mewujudkannya.
Melalui program kursus bahasa online ini, saya harap bisa membantu siswa dalam memahami bahasa, budaya dan membantu siswa berkomunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu juga ikut berpartisipasi dalam mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia di kancah internasional.
Untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, kami membutuhkan support untuk mengembangkan website dan aplikasi pembelajaran yang user friendly, mudah diakses dan interaktif. Agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Karena program-program tersebut kami berikan secara online. Oleh karena itu saya mengikuti kompetisi #sispreneur yang diadakan oleh XL dan berharap dapat memenangkan hadiah utama. Sebagai wujud dukungan terhadap terciptanya kegiatan pembelajaran jarak jauh, berskala internasional, menggunakan teknologi yang efektif, efisien dan menciptakan pengalaman belajar mengajar yang menyenangkan bagi guru dan murid.
Sebagai bagian dari strategi marketing, saya terinspirasi dari channel seperti national geography yang sangat bermanfaat dan memperkaya wawasan penontonnya. Di jaman sekarang ini, semua dipermudah dengan adanya internet. Oleh karena itu saya memiliki rencana untuk membuat channel youtube dan sosial media yang khusus membahas mengenai bahasa dan budaya Indonesia. Mengangkat topik yang menarik, video dan gambar dibuat seprofesional mungkin sehingga dapat menarik penonton dan pengunjung profil sosial media. Adapun Online events dan kolaborasi dengan pengrajin, UMKM misalnya kuliner tradisional Indonesia, komunitas, budayawan dan bahkan tokoh masyarakat akan kami gaet sebagai bagian dari marketing plan untuk berpartisipasi mempromosikan produk pengrajin dan UMKM. Melalui media sosial, semua orang bebas mengakses informasi mengenai bahasa dan budaya Indonesia yang dibuat oleh orang lokal asli Indonesia yang pastinya lebih akurat.
Plan bisnis kedepannya, jika sudah berhasil mengembangkan website/ aplikasi pembelajaran, kami akan mempromosikan training Bahasa Indonesia Online ini hingga mancanegara. Tidak hanya melulu berkutat pada bidang bahasa saja, namun juga budaya seperti demo masak masakan tradisional Indonesia, Cara bermain alat musik tradisional Indonesia seperti Angklung, gamelan, dsb, hingga hal yang spesifik seperti mengenal budaya dan bahasa daerah tertentu.
Selain itu, kami juga akan melakukan kolaborasi dengan pemerintah seperti: dinas pendidikan dan budaya; dinas pariwisata ,KBRI, NGO pemerintah, Universitas di dalam negeri dan luar negeri (yang memiliki jurusan Bahasa dan Studi budaya Asia/ Indonesia), sekolah-sekolah di Australia yang memiliki mata pelajaran Bahasa dan Budaya Indonesia dan pihak swasta, untuk membantu mempromosikan budaya Indonesia. Dengan menyelenggarakan Bahasa Indonesia Training untuk Penutur Asing, event-event budaya baik secara online maupun offline seperti Workshop membatik, kompetisi menulis dalam bahasa Indonesia bagi penutur asing, trial kursus bahasa Indonesia, Culture night, dan pastinya mengundang tamu/ peserta dari mancanegara. Dengan begitu, misi kami untuk berpartisipasi dalam program pemerintah dalam rangka memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia di mancanegara bisa terwujud. Sehingga di masa depan dapat mendatangkan investor untuk Indonesia dan membawa dampak baik dalam bidang lainnya seperti pariwisata, industri dan ekonomi Indonesia.