Kalau flashback lagi, saya pun heran sendiri, beneran itu 90% nya dari modal niat ?, yaa niat mengalahkan segalanya dan mampu menembus batas. Tanpa Pengalaman berbisnis sebelumnya, tanpa Ilmu bahkan don't know how to start , tanpa relasi karena circle kami jauh dari para pebisnis jadi tidak tahu mau diskusi dan tanya ke siapa, ditambah rasa Insecure yang membuat kami sadar bahwa rintisan usaha ini akan takes time, dan tidak akan mudah, karena dirintis dari 0 bahkan minus
Sebelum mantab menseriusi Metime Fresh, kami kerja serabutan, mulai dari kurir barang, buka jasa translate skripsi, jualan kosmetik, dan lain sebagainya yang penting ada pemasukan, bahkan sering juga kita menahan lapar demi membelikan susu untuk anak pertama kami yang saat itu masih berusia 2 tahun
Alhamdulillah Allah kasih kita akal buat berfikir, kasih kita organ tubuh untuk digunakan, modal cuma-cuma yang sudah melekat 1 paket di badan, akhirnya kita beranikan diri inves 1 juta yang kami miliki untuk belajar (ikut kelas bisnis berbayar, workshop offline dan online, buku-buku bisnis dsb) karena kita yakin bahwa Investasi Leher ke atas itu sebagai ASET yang tidak bisa dicuri dan lekang oleh waktu dan sisanya 500 ribu kita alokasikan untuk membeli bahan baku
Alhamdulillah 3 bulan persiapan, tanggal 17 Februari 2017 Brand Susu Almond kami Rilis dan hari pertama Terjual 52 botol dengan sistem PO hanya dari Facebook
Oh iya, mengapa memilih Menjual Minuman? Dan mengapa concern pada produk Plant Based?
1. Produk Plant Based (Frozen Almond Milk, Soy Milk, Green Juice) kami pilih sebagai solusi jajanan yang lebih sehat pada tahun 2017 ditengah maraknya Minuman varian rasa artificial
2. Produk Plant Based sesuai visi misi kami yakni memperhatikan 3 Aspek Bisnis yang sehat dan sustainable (People, Profit, Planet)
3. Membangun Paradigma Happy & Healthy Lifestyle bahwa Sehat dan Bahagia berawal dari apa yang kita makan & pikirkan
Alhamdulillah atas ijin Allah setelah 5 tahun berjalan meski belum kelihatan sukses seperti tolak ukur objektif (rumah mewah, mobil mewah dsb) kami bisa melanjutkan hidup dengan layak, hal ini pun tidak lepas dari tim marketing kami yang personilnya 100% perempuan semua, yaa Metime Fresh menggunakan sistem Affiliasi yg diisi oleh para perempuan hebat, mulai dari Mahasiswi, ibu bekerja, IRT, bahkan Single Parent
Alhamdulillah di tahun 2021 - 2022 ini Metime Fresh telah banyak mendulang prestasi mulai dari Finalis lomba skala lokal sampai nasional, dan mendapatkan Juara 1 serta juara 2 di kompetisi lainnya, Liputan media juga berdatangan karena kami konsisten membuat konten-konten edukasi di Instagram Metime Fresh, alhamdulillah ini yang menjadi Semangat kami untuk terus bertumbuh
Berikut Jejak Digital Metime Fresh di beberapa ajang penghargaan dan liputan media
Jemput Rezeki Indosiar
Haloboss Youtube
Juara 2 LSPR CULINARY AWARD
BRI INCUBATOR
Sampai detik ini kami masih terus berusaha untuk Scale Up dan ini butuh dana yang sangat besar oleh karenanya Metime Fresh sangat giat ikut Kompetisi, terutama Pitching Competition untuk bersiap diri bertemu dengan Calon Investor yang tepat
Oleh karena itu, ketika tahu ada kompetisi #Sispreneur ini, Masya Allah Excited sekali karena ternyata masih terbuka lebar kesempatan untuk berjuang lagi setelah gagal berkali kali untuk mendapatkan Angle Investor, semoga berjodoh pada kompetisi kali ini
Jika Metime Fresh beruntung mendapatkan pendanaan, hal pertama yang akan kami lakukan adalah Pengembangan Produk lalu Digitalisasi sistem marketing metime fresh. Hal ini sejalan dengan visi kami agar metime fresh Go Global
Dalam pengembangan produk, metime ingin menghadirkan produk yang memiliki daya tahan/umur simpan yang lebih lama karena produk existing merupakan produk siap konsumsi (ready to drink dalam kemasan - Almond Milk, Soy Milk, Black Grassjelly, Lemon Honey, Green Juice) dan distribusinya terbatas demografi
Pengembangan produk ini adalah Varian lain seperti Susu Almond Bubuk dan Sereal Sehat praktis, keunikan yang akan metime angkat pada Susu Almond Bubuk adalah Kualitas premium dari segi teknologi, fortifikasi, dan rasanya, lalu komposisi nya 70% dari material Lokal yaitu Daun Teh Hijau, Daun Kelor, Coklat, dan Kopi, Metime sudah melakukannya pada tahap Validasi Market pada September 2020 dan dalam 2bulan tembus penjualan 500pcs dan melahirkan banyak review positif bahkan Repeat Order, namun terhenti karena kami tidak memiliki cukup dana untuk memenuhi MOQ nya
Kisaran dana yang kami butuhkan sekitar 365 juta rupiah sudah termasuk pengembangan sistem digitalisasi Affiliate (afiliasi) marketing kami
Sistem Digitalisasi Affiliate metime adalah order melalui aplikasi, chcekout otomatis, dan Report real time pencapaian marketer / reseller berikut progress komisinya, serta link unuk kode referal agar pasukan marketer kami bisa lebih banyak
Nah, itulah sedikit cerita tentang kami, terimakasih #Sisternet sudah memberikan wadah berbagi cerita melalui program #Sispreneur, Semoga bisa memberi sedikit Insight bagi kawan-kawan yang maju mundur usaha tapi minim modal
Tetap bahagia, tetap sehat!
#Metimeajadulu
Diah Kusuma Dewi
Founder Metime Fresh