Sisters, setelah kamu memulai bisnis, mungkin tidak banyak uang yang tersisa untuk pasang iklan. Tapi kamu masih bisa memasang iklan secara gratis di Google, Yahoo dan Bing. Semuanya memungkinkan kamu untuk mendaftarkan bisnismu secara lokal secara gratis. Ketiganya adalah platform utama yang banyak disarankan oleh para konsultan untuk pelaku bisnis yang berniat memasang iklan di internet.
Setelah kamu mendaftarkan bisnis kamu secara gratis di mesin pencari itu, ada banyak hal lain yang relatif murah yang dapat kamu lakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap bisnismu. Simak, yuk!
1. Pay-per-click
Metode bayar per klik diterapkan dengan sistem di mana kamu akan membayar setiap kali pelanggan mencari frasa tertentu, menemukan situs web kamu dan mengklik untuk mengunjungi halaman bisnismu. Biayanya bisa sangat murah untuk setiap klik.
Menggunakan istilah yang terlalu umum, seperti "hadiah pernikahan" dapat mengakibatkan terlalu banyak orang mengklik ke situs web kamu hanya untuk mengetahui bahwa kamu tidak menjual apa yang mereka cari.
Istilah multi-kata yang lebih spesifik, seperti "hadiah pernikahan ramah lingkungan" menghasilkan lebih sedikit klik, tetapi yang kamu dapatkan akan dari pelanggan lebih mungkin untuk membeli apa yang kamu jual.
2. Pencarian organik
Selain membayar per klik, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan posisi perusahaanmu di daftar mesin pencari tidak berbayar.
Sering disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari), ada satu industri khusus dengan para konsultan yang dibangun berangkat dari konsep ini. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sendiri untuk meningkatkan pencarian organik sehingga dapat mengarahkan pelanggan ke website-mu.
Untuk meningkatkan posisi bisnismu di mesin pencari, kamu harus terus memperbarui situs bisnis dengan informasi baru dan posting blog. Pembaruan informasi yang relevan secara berkala akan membuat kamu berulang kali diperhatikan oleh mesin pencari.
3. Beriklan melalui email (atas izin pelanggan)
Email berbasis izin (artinya pelanggan setuju untuk mengizinkan kamu mengirim penawaran email) juga menawarkan peluang pengembalian investasi yang tinggi, lho.
Kamu dapat mengumpulkan email melalui situs web kamu atau dengan cara kuno yakni dengan mengumpulkannya secara manual saat kamu berinteraksi dengan pelanggan.
Email berbasis izin memungkinkan kamu untuk tetap berhubungan dengan pelangganmu, membuat penawaran khusus dan menjaga bisnis kamu tetap menjadi pilihan pelanggan.
4. Media sosial
Media sosial, termasuk Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube, adalah tempat yang memungkinkan kamu untuk menargetkan kelompok pelanggan yang sangat spesifik untuk investasi yang sangat sedikit. Keberhasilan tergantung pada banyak faktor, termasuk apakah pelanggan potensial kamu adalah tipe yang menggunakan platform-platform ini.
5. Jasa Influencer
Selain pilihan di atas, ada juga cara pemasaran berbiaya relatif rendah yang dapat digunakan bisnis untuk tujuan periklanan. Misalnya dengan menggunakan jasa influencer. Menggunakan jasa mereka bisa membangun kedekatan konsumen dengan brand-mu. Tapi, kamu harus jeli dalam memilih orang yang cocok untuk target pasar produkmu. Salah satu cara membangun kedekatan adalah menggunakan public figure yang benar-benar sesuai dan menyukai produkmu.
Kamu sering menggunakan cara yang mana untuk kegiatan promosi produkmu, Sisters?