Hai Sisters! Punya karier yang berkembang tentunya bukan perkara mudah untuk diraih. Perlu konsistensi terhadap kualitas pekerjaanmu, disiplin, dan tentunya dedikasi yang tinggi.
Untuk bisa meningkatkan kualitas pekerjaan, kamu bisa memulainya melalui rasa percaya diri. Orang yang memiliki rasa percaya diri akan jauh lebih produktif lantaran tak menggantungkan produktivitasnya pada orang lain, karena dirinya merasa mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.
Namun demikian, saat ini banyak karyawan yang tidak memiliki cukup rasa percaya diri karena berbagai faktor. Mulai dari faktor lingkungan yang kurang mendukung, hingga belum pernah mengerjakan tugas yang diembannya.
Nah, agar karier sukses, cobalah menggunakan modal percaya diri dengan melakukan cara ini, simak, yuk!
1. Menyadari Kemampuan Diri Sendiri
Mulai saat ini, cobalah menggali apa yang menjadi kelebihan diri dan usahakan untuk menonjolkannya sehingga kamu memiliki rasa percaya diri yang cukup kuat. Selanjutnya kamu tinggal mengintegrasikan kelebihan tersebut dalam kegiatan yang lakukan setiap harinya.
Perlu menjadi catatan bagi diri sendiri, kamu diterima bekerja adalah berdasarkan kualitas yang kamu miliki. Oleh karenanya, hargailah kelebihanmu dan percaya dirilah.
2. Tunjukkan Kelebihan Yang Kamu Miliki
Sadar atau tidak, setiap orang memiliki keunikan tersendiri. Setiap orang punya kelebihan yang terkadang tidak dimiliki oleh orang lain.
Namun hal tersebut jangan kamu jadikan titik balik untuk menyombongkan diri atau justru merasa minder.
Jika kamu adalah orang yang pendiam atau introvert, cobalah untuk menonjolkan kelebihanmu yang lain, misalnya kecepatanmu dalam bekerja, cepat tanggap terhadap perintah atasan, hingga berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu.
Jangan jadikan kekuranganmu dari segi komunikasi justru menjadikanmu pribadi yang kurang produktif.
3. Kedepankan Integritas
Sisters, seorang karyawan teladan adalah mereka yang memiliki integritas tinggi terhadap tugas dan pekerjaannya. Integritas sendiri adalah cara seseorang dalam menilai diri mereka dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Namun yang menjadi masalah adalah setiap orang memiliki nilai integritas yang berbeda-beda. Agar kamu menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, cobalah untuk meningkatkan integritasmu dan memperjuangkannya untuk mendapatkan kualitas pekerjaan yang baik.
Semakin kamu memiliki integritas yang baik, semakin kuat pula kepribadianmu. Sehingga tak akan mudah goyah dengan omongan orang lain yang berniat menjatuhkanmu di lingkungan kerja, Sisters.
4. Punya Standar Kerja Yang Baik
Salah satu hal yang membuatmu menjadi kurang percaya diri adalah kebiasaan menjadikan standar orang lain sebagai tolok ukur kinerjamu. Maka cobalah untuk membiasakan diri dengan berpegang teguh pada standar yang telah kamu tentukan sendiri.
Tapi ingat, tentunya standar yang kamu tetapkan sendiri tersebut haruslah standar yang baik dan kompetitif. Bukan standar yang biasa saja bahkan jauh lebih buruk dibanding kinerja yang lain.
Pacu diri sendiri untuk menghasilkan kinerja yang baik. Sehingga kamu mampu bersaing dengan sehat dan kinerjamu layak untuk diapresiasi, Sisters.
5. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja atau kolega. Hal itu adalah cara paling mudah dilakukan dan terbukti cukup ampuh untuk membuatmu menjadi lebih percaya diri.
Dengan menjalin hubungan baik sesama rekan kerja, kamu menjadi lebih mengenal seperti apa karakter rekan kerjamu sehingga tak akan muncul perasaan saling mencurigai yang berakibat pada menjatuhkan pribadi satu dengan yang lain.
Selain itu, dengan mengenal kepribadian rekan kerja, kamu juga bisa mengomunikasikan dengan mereka apabila ada sifat dari mereka yang membuatmu menjadi kurang percaya diri.
Kuncinya adalah bagaimana kita meningkatkan kualitas diri dan berkomitmen dengan tugas yang diberikan. Sehingga kamu dapat menghasilkan output yang maksimal. Percayalah bahwa kamu layak menjadi yang terbaik, Sisters!