Hai Sisters! Memanfaatkan kekuatan konten dan pemasaran yang kamu lakukan melalui media sosial ternyata bisa membantu meningkatkan audiens dan pelangganmu secara luar biasa, lho.
Tapi memulai hal ini tanpa memiliki pengalaman atau wawasan sebelumnya dapat menjadi tantangan yang sangat berat.
Nah, jadi dengan memahami dan mematuhi beberapa ilmu tentang sosial media marketing berikut ini akan membantumu membangun fondasi yang kuat dalam membangun merek bisnis, Sisters. Apa saja? Simak yuk!
1. Hukum Mendengarkan
Jika kamu ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk menjadi seseorang yang sedikit berbicara namun lebih banyak mendengarkan.
Cobalah membaca konten online dari target audiensmu dan ikuti diskusinya untuk mempelajari apa yang sesungguhnya penting bagi mereka.
Baru setelah itu kamu dapat membuat konten yang dapat memicu percakapan yang memberi nilai tambah pada kehidupan mereka.
2. Hukum Fokus
Sisters, lebih baik menjadi seseorang yang memiliki spesialisasi daripada menjadi jack-of-all-trade. Strategi pemasaran konten yang sangat terfokus untuk membangun brand yang kuat memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada strategi yang luas yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.
3. Hukum Mutu
Ternyata kualitas mengalahkan kuantitas, lho Sisters. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang kontenmu dengan pemirsa mereka sendiri daripada 10.000 koneksi yang hilang setelah terhubung denganmu untuk pertama kalinya.
4. Hukum Kesabaran
Keberhasilan sosial media dan konten marketing tidak terjadi hanya dalam waktu semalam, Sisters. Untuk membangun konten dan merk bisnis yang maksimal memerlukan komitmen jangka panjang darimu.
Target audiens akan datang dan menghampirimu secara sendirinya disaat kamu berhasil membangun konten yang menarik minat mereka. Nggk percaya? Coba deh!
5. Hukum Peracikan
Jika kamu mempublikasikan konten berkualitas dan konten yang menakjubkan untuk membangun target audiens online-mu, maka mereka akan memiliki kecenderungan untuk melakukan share dengan khalayak mereka sendiri di Twitter, Facebook, LinkedIn, atau blog mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena konten yang kamu buat dianggap bermanfaat dan berguna bagi mereka, Sisters.
Metode share konten ini membuka titik masuk baru bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukannya di pencarian kata kunci.
Titik masuk tersebut bisa berkembang menjadi ratusan atau ribuan cara yang lebih potensial bagi orang untuk menemukanmu secara online.
6. Hukum Pengaruh
Luangkan waktu untuk menemukan influencer online di pasar yang memiliki khalayak yang berkualitas dan cenderung tertarik dengan produk, layanan dan bisnismu. Terhubunglah dengan orang-orang itu dan bangunlah hubungan dengan mereka.
Jika kamu berhasil mendapatkan perhatian mereka sebagai sumber informasi bermanfaat yang menarik, mereka mungkin akan membagikan kontenmu dengan pengikut mereka sendiri, yang dapat menempatkanmu dan bisnismu di depan audiens baru yang besar, Sisters
7. Hukum Nilai
Jika kamu menghabiskan seluruh waktumu di media sosial hanya untuk sekedar mempromosikan produk dan layanan, maka orang akan berhenti mendengarkanmu. Cobalah untuk menambahkan nilai pada setiap percakapan atau konten yang dibuat.
Fokuskan diri untuk menciptakan konten yang menakjubkan dan pengembangan hubungan dengan influencer online. Pada waktunya, orang-orang itu akan menjadi katalisator yang kuat untuk media pemasaran dari mulut ke mulut bagimu, Sisters.
Nah, gimana, Sisters, sudah ikuti metode-metode diatas untuk jalani bisnismu belum?