Sisters, kita baru saja memasuki tahun baru 2020, yang penuh dengan harapan, semangat serta banyak kesempatan baru. Sekali lagi, kamu diberikan waktu untuk bisa menjadi lebih baik, tak hanya dari sisi dalam diri tetapi juga kualitas hidup sehari-hari.
Apalagi bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis, awal tahun bisa menjadi batu loncatan untuk kamu meraih lebih banyak cuan dalam 12 bulan ke depan.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai pebisnis di awal tahun seperti sekarang, salah satunya mengikuti perkembangan tren bisnis yang akan ada selama setahun ini.
Ketika mengetahui tren bisnis setiap tahunnya, kamu akan lebih bijak dalam menentukan strategi marketing yang sesuai dengan keadaan pasar saat ini, Sisters.
Lalu, apa saja tren bisnis yang ada di tahun 2020 ini? Simak dibawah ini, ya:
1. Personalisasi pelayanan terhadap pelanggan
Sistrrs, sebagai pebisnis, kamu harus melihat konsumen sebagai seorang individu sama seperti dirimu. Maka dari itu, sangat diperlukan bagi kamu untuk memberikan pengalaman pelanggan yang bersifat personal serta customized.
Dengan melakukan personalisasi pada pengalaman pelanggan, pelangganmu akan merasa bahwa kamu sangat mengenal mereka dan dapat mengantisipasi setiap kebutuhannya.
Contohnya, pernakah kamu berbelanja di suatu e-commerce? Di setiap kamu selesai melakukan pembelian, biasanya akan ada suggestion product yang relevan dengan pembelian kamu sebelumnya.
Nah di tahun 2020, menurut riset dari Gartner, tren bisnis smart personalization engines yang mengenali kebutuhan pelanggan seperti ini bisa meningkatkan keuntungan bisnis hingga 15%.
Hari di mana kamu harus memperlihatkan semua produk kepada pelanggan sudah tidak lagi relevan, karena banyaknya pilihan tidak lagi efektif untuk konsumen modern seperti sekarang.
Secara natural, para konsumen akan lebih menerima bisnis yang memberikan apa yang mereka mau dengan tepat. Jadi, saatnya kamu mulai melakukan personalisasi terhadap pengalaman pelanggan.
2. AI (Artificial Intelligence) tak bisa mengalahkan interaksi manusia
Sisters, munculnya AI atau Artificial Intelligence mungkin bisa membantumu untuk memberikan pengalaman menakjubkan untuk pelanggan, tapi bukan berarti AI menggantikan manusia dalam melakukannya.
Ibaratkan AI sebagai co-worker, yang membantu bisnismu lebih efektif dalam melayani pelanggan dengan lebih baik.
Kamu juga harus tahu satu hal, tempatkan AI di waktu dan keadaan yang tepat. Dalam situasi mendesak, tidak ada yang lebih baik dari adanya interaksi manusia.
Jangan mengandalkan AI seperti Automated Message atau Chat Bot dalam keadaan mendesak karena hal tersebut akan membuat pelanggan kecewa.
Di tahun 2020, sebagai pebisnis mulailah gunakan AI dengan cara-cara tepat seperti untuk menjawab FAQ (Frequently Answer Question) yang dapat mengurangi pekerjaan tenaga manusia.
3. Penilaian pelanggan adalah raja
Sisters, seperti yang kamu tahu, penilaian dari pelanggan sangat berpengaruh besar pada keputusan pembelian.
Yup, orang akan lebih bersedia untuk mencoba sesuatu kalau sudah melihat pengalaman dari orang lain terlebih dahulu.
Bahkan, menurut laporan dari Fan & Fuel, 92% orang akan ragu melakukan pembelian ketika tidak ada penilaian dari pelanggan sebelumnya.
Penilaian ini, sangat esensial hukumnya apalagi bagi kamu yang distribusi bisnisnya lebih banyak di dunia online.
Fakta bahwa produk jualan kamu memiliki penilaian bintang 4 dari pelanggan, akan menjadi lebih menarik untuk mereka.
Bagi kamu pelaku UKM yang biasanya tidak memiliki banyak anggaran seperti perusahaan besar, memfokuskan terhadap hal ini bisa menjadi strategi marketing kamu di tahun 2020 ini.
Cobalah untuk membuat suatu cara yang bisa membuat pelanggan kamu memberikan penilaian sehabis mereka membeli produk atau menggunakan jasa bisnismu, seperti memberikan kompensasi, atau hadiah setelah mereka berhasil memberikan penilaian.
4. Meningkatkan sistem kerja remote
Sisters, sebuah bisnis pasti perlu tempat untuk menaungi tenaga kerja yang ada. Jika kamu ingin membuat bisnis terus berkembang, tentu saja kamu memerlukan penambahan pada human power.
Tapi, bagi pelaku UKM, urusan infrastruktur bisa menjadi kendala besar, apalagi dengan harga real-estate yang semakin tinggi.
Nah, berkembangnya sistem kerja remote atau work from home, bisa menyelesaikan permasalahan ini.
Perkembangan ini, bisa menjadi tren bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkerjakan talent terbaik dalam membantumu mengembangkan bisnis.
5. Big Data intuk UMKM
Selama ini, Big Data sudah banyak digunakan untuk berbagai perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka.
Saat ini sudah banyak berkembang aplikasi analytic yang mudah digunakan. Tentu saja hal ini membuat kontekstualisasi Big Data menjadi lebih mudah.
Bagi sebuah bisnis, salah satu manfaat dari Big Data pada bisnis adalah untuk membuat perusahaan mengetahui siapa pelanggannya dengan lebih baik, Sisters.
Mulai dari mengetahui siapa yang membeli produk atau memakai jasanya, hingga apa yang pembeli lakukan terhadap produk atau jasa yang dibeli.
Di tahun 2020 ini, tren bisnis memanfaatkan Big Data masih menjadi sesuatu yang penting. Selain memberikan keefektifan dalam menggaet pelanggan, strategi marketing yang memanfaatkan big data juga memberikan bisnis kamu keunggulan yang kompetitif di pasar.
Mengembangkan suatu bisnis, memang bukan suatu yang mudah. Tapi, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dan berusaha tanpa henti, hasil yang baik pasti akan kamu dapatkan. Mumpung masih awal tahun, jadikan hal ini awal dari keberhasilanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Sisters!