Sisters, era digital mengubah strategi promosi perusahaan. Meskipun berbeda, banyak perusahaan tetap mempertahankan marketing cetak karena dinilai efektif dan fleksibel dikolaborasikan dengan marketing digital untuk tingkatkan citra merek dan awareness pada masyarakat luas.
Lalu, apalagi alasan tepat untuk tetap mempertahankan marketing cetak di era digital seperti sekarang? Di bawah ini terdapat berbagai manfaat marketing cetak yang bisa memberikan dampak positif pada bisnismu. Yuk, simak!
Marketing Cetak Bersifat Permanen
Sisters, saat menggunakan smartphone atau PC, setiap orang dipaksa untuk melihat iklan digital. Namun, banyaknya iklan digital yang tampil di perangkat akan menyusahkan otak untuk memfilternya, bahkan penelitian dari eMarketer mengungkapkan bahwa konsumen berusia antara 18 hingga 34 tahun lebih memperhatikan iklan TV, radio bahkan surat kabar ketimbang iklan di media sosial dan mesin pencarian.
Dibandingkan dengan iklan TV dan radio, media cetak memerlukan biaya lebih ekonomis sehingga ideal diterapkan oleh perusahaan skala kecil dan menengah. Solusi terbaik, kamu bisa membuat materi promosi cetak yang diproduksi dalam kualitas baik sehingga memudahkan masyarakat mengingat merekmu bahkan digunakan oleh konsumen dalam waktu lama karena durabilitasnya prima, Sisters.
Menghindari Pemblokiran Iklan Digital
Saat ini, banyak pengguna internet yang merasa bosan dengan banyaknya iklan digital. Tercatat, penggunaan software pemblokiran iklan terus meningkat bahkan turut disematkan pada layanan e-mail sehingga iklanmu berpotensi diabaikan audiens dan merugikan budget yang sudah dikeluarkan, Sisters.
Lain halnya dengan promosi cetak, kamu bisa menghindari pemblokiran iklan digital untuk menyasar target pelanggan terbaik. Namun, kamu tetap harus mengutamakan kualitas produk cetak supaya tetap disukai pelanggan dan menarik untuk dilirik konsumen baru.
Marketing Cetak Lebih Disukai Audiens
Berbeda dengan pemasaran digital, marketing cetak lebih disukai audiens karena menawarkan sentuhan personal pada pelanggan potensial, lho, Sisters. Tentunya, penggunaan promosi cetak seperti banner berdesain unik, kartu pos dengan sentuhan mewah bahkan stiker berbentuk menarik akan diperhatikan audiens secara langsung ketimbang marketing digital bergaya statis yang tampilannya cukup membosankan.
Marketing Cetak Mudah Diingat
Marketing cetak juga dinilai lebih efektif dalam meningkatkan brand awareness sebuah produk. Umumnya, masyarakat lebih mudah mengingat sebuah merek yang diperkenalkan berbentuk cetak, terlebih jika promosi dilakukan melalui desain catchy dan unik untuk membangkitkan emosi audiens. Tidak itu saja, desain menarik dari marketing cetak memungkinkan audiens melihatnya berulang kali sehingga perkenalan produk ataupun branding lebih mudah disampaikan.
Bentuk Promosi Paling Variatif
Sisters, berbeda dengan iklan digital yang monoton, kamu bisa membuat materi promosi cetak bergaya variatif. Tak hanya berupa banner, kamu bisa berpromosi melalui kartu pos, brosur, flyer, poster ataupun kartu nama melalui penggunaan desain yang out of the box, serta diproduksi melalui kualitas terbaik supaya bisa disimpan oleh audiens dalam waktu yang lama.
Sisters, meskipun sudah memasuki era digital, namun marketing cetak tetap bisa dipertahankan karena memerlukan budget yang rendah serta sanggup menyasar konsumen yang potensial. Di sini, kamu bisa mengintegrasikan marketing cetak dan digital untuk kegiatan branding dan menjangkau konsumen secara luas.